Hanya Tinggal 112 Desa di Riau yang Belum Dialiri Listrik PLN

Hanya Tinggal 112 Desa di Riau yang Belum Dialiri Listrik PLN
Ilustrasi

RIAUSKY.COM - PT PLN semakin gencar menuntaskan pemasangan jaringan listrik di Provinsi Riau. Hingga Desember 2018, dari 1859 jumlah desa di Provinsi Riau, hanya 112 desa lagi yang belum dialiri listrik.

Jumlah ini semakin berkurang setelah PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, menuntaskan pemasangan jaringan listrik di Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rabu (19/12) kemarin.

Dengan dipasangnya jaringan listrik di desa tersebut sehingga wilayah Kabupaten Kuansing, sudah mendapatkan pasokan listrik 100% dari PLN.

”Nilai investasi untuk listrik desa ini mencapai Rp11 miliar, karena kami membutuhkan panjang jaringan tegangan menengah 24,8 KMS, trafo distribusi dengan total daya 320 kVA," kata General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M. Irwansyah Putra, Kamis (20/12) seperti dilansir GATRA.com.

Dia menambahkan, total desa yang telah teraliri listrik pada program ini di Kabupaten Kuansing, berjumlah 229 Desa. 

Sehingga jumlah yang belum teraliri listrik akan semakin berkurang seiring upaya mereka untuk melistrikkan seluruh Desa di Riau.

"Seperti misalnya di akhir 2017. Sebanyak 212 desa belum berlistrik. Dengan listrik yang ada di Kuansing ini, maka jumlahnya berkurang menjadi 112 desa yang tersisa dari total 1859 Desa di Riau," jelasnya.

Sementara itu Bupati Kuantan Singingi, Mursini berharap kepada masyarakat untuk dapat menjaga infrastruktur kelistrikan tersebut. 

"Atas nama kepala daerah dan masyarakat Kabupaten Kuansing, kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan listrik negara atas pemenuhan permintaan masyarakat selama ini. Serta berharap kepada masyarakat untuk turut menjaga infastruktur yang telah dibangun ini," katanya. (R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index