Bupati Rohul Sukiman Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Bupati Rohul Sukiman Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM
Bupati Rohul H Sukiman bersama Asisten III Setda Rohul berfoto bersama memegang penghargaan Peduli HAM 2018

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali menerima penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Selasa (11/12/2018) kemarin.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumHam RI), Rohul ditetapkan sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2017. Penganugerahan bidang HAM ini merupakan untuk kedua kalinya setalah tahun 2017 lalu.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Rohul juga menerima anugerah penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM tahun 2016. 

Penyerahan anugerah penghargaan sebagai kabupaten Peduli HAM tersebut diserahkan simbolis oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) ke perwakilan kabupaten.

Untuk Kabupaten Rohul, penghargaan ini diterima Bupati Rohul H Sukiman, didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Rohul H. Helfiskar SH MH pada saat menghadiri acara Peringatan Hari HAM se-dunia ke-70 tahun 2018 di Kantor Kemenkum HAM RI di Jakarta.

Bupati Rohul H Sukiman berterima kasih untuk raihan anugerah penghargaan Rohul sebagai kabupaten Peduli HAM yang diterima Kabupaten Rohul untuk kedua kalinya dari Presiden RI.

“Penghargaan yang diterima Kabupatan Rohul sebagai kabupaten peduli HAM tahun ini, tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten Rohul dalam memperhatikan dan peduli serta menjunjung tinggi HAM sesuai dengan Permenkum HAM Nomor 34 tahun 2016,” kata Bupati Sukiman.

Kriteria menurut Permenkum HAM Nomor 34 tahun 2016, adalah terpenuhinya 6 kategori Hak antara lain, Hak Atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Atas anugerah Penghargaan yang diterima Rohul sebagai Kabupaten Peduli HAM, ini hasil kerjasama Panitia Ranham dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul, yang dituangkan dalam banyak program kegiatan pembangunan dengan memperikan perhatian dan peduli terhadap HAM di Kabupaten Rohul,’’ kata Bupati.

Sukiman juga menjelaskan, diterimanya anugerah penghargaan tersebut, sebelumnya sudah dilakukan penilaian dari tim Pusat yang turun langsung ke Kabupaten Rohul. Dengan penilaian terdiri dari 2 (dua) kategori, pertama peduli Ham dan kedua cukup peduli.

“Bersyukur, Kabupaten Rohul dianugerahi sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2017. Piagam penghargaan kita terima dalam Peringatan HAM sedunia tahun 2018,” sebut Bupati Sukiman haru.

Juga dijelaskan, bahwa penghargaan kabupaten Peduli HAM yang diterima Pemkab Rohul tahun ini, mendapat penilaian kriteria yang meningkat dibandingkan tahun lalu, yang dituangkan kedalam program kegiatan tahunan yang tersebar di OPD Rohul.

Dirinya berharap kedepannya, seluruh pimpinan OPD agar dapat menyampaikan data-data untuk pelaksanaan program kegiatan yang memenuhi unsur perhatian atau kepedulian terhadap HAM, untuk disiapkan tahun 2019 mendatang.

Hal itu, sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah daerah dalam memperhatikan kriteria melalui Permenkum HAM Nomor 34 tahun 2016 dalam bentuk program kegiatan di OPD Rohul. (Advertorial Humas Setda Rohul)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index