PENGAMAT: Kasus Persekusi Terhadap Ustadz Somad Bisa Ganjal Kemenangan Jokowi di Riau

PENGAMAT: Kasus Persekusi  Terhadap Ustadz Somad Bisa Ganjal Kemenangan Jokowi di Riau
Ustadz Abdul Somad

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tindakan persekusi yang sempat mendera kegiatan dakwah Ustadz Abdul Somad (UAS) beberapa waktu lalu bisa berpotensi menghambat peluang menang Jokowi-Ma'ruf di Riau.

Pengamat politik Universitas Riau, Mexaxai Indra, mengatakan kubu Jokowi-Ma'ruf perlu mensiasati persepsi yang muncul di tengah masyarakat atas aksi persekusi tersebut.

Pasalnya aksi persekusi itu dengan sendirinya menunjukkan posisi UAS yang berseberangan dengan pemerintah.

"Persepsi itu mungkin dimiliki oleh orang-orang yang aktif di media sosial kemudian memiliki pandangan yang sensitif terhadap isu politik. Tinggal bagaimana kubu Jokowi-Ma'ruf memiliki counter-counter politik terhadap isu itu," terangnya melalui sambungan seluler Senin (14/1) seperti dikutip dari Gatra.com.

Ada pun aksi persekusi terhadap UAS dilakukan organisasi yang terafiliasi dengan Nahdatul Ulama (NU). Persekusi ini umumnya terjadi di wilayah Pulau Jawa.

Kendati begitu, jelas Mexaxai, aksi persekusi itu belum tentu menggerus suara Jokowi-Ma'ruf secara signifikan. Hal ini disebabkan pelaku tindakan persekusi cuma salah satu dari unsur pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Apakah masyarakat yang sudah memiliki hak pilih punya persepsi yang sama, itu kan belum tentu. 
Banser itu kan hanya salah satu komponen yang menyatakan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf," tegasnya.

Namun dia mengingatkan tim pemenangan Jokowi-Maruf di Riau, untuk mengantisipasi bila mana isu tersebut digiring secara seksama oleh tim Prabowo-Sandi. (R06)

Listrik Indonesia

#Ustadz Abdul Somad

Index

Berita Lainnya

Index