YBM PLN Unit Induk P3B Sumatera Taja Kelas Parenting Program 1000 Hari Pertama Kehidupan

Senin,21 Januari 2019 | 18:48:43 WIB
YBM PLN Unit Induk P3B Sumatera Taja Kelas Parenting Program 1000 Hari Pertama Kehidupan
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - YBM (Yayasan Baitul Maal) PLN P3B Unit Induk Sumatera bekerjasama dengan PKPU Human Initiative Riau menyelenggarakan kegiatan untuk penerima manfaat program 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan berupa kelas parenting kepada 29 ibu-ibu hamil dan menyusui di Posyandu Matahari Keluarahan Air Hitam dan Posyandu Sari Kenanga Kel. Labuh Baru Barat, Kecamatan. Payung Sekaki, Pekanbaru (19/1/19).

Kegiatan kelas parenting kali ini bertema "Tumbuh Kembang Anak”. 

Dalam kegiatan tersebut turut mengundang pemateri dari Dosen Kebidanan Universitas Abdurrab yaitu Dewi Sartika Siagian, SST., M.Keb dan Bidan Puskesmas Labuh Baru Barat yaitu Yanti Nida, S,Tr, Keb yang mana para pemateri tersebut merupakan seseorang yang ahli di bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). 

Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Cabang PKPU HI Riau Bapak Afrizal Mushavi dan 9 kader dari dua posyandu tersebut.
 
Dewi mengungkapkan bahwa kebutuhan bayi bukan hanya pada pemberian ASI semata oleh ibu, melainkan ibu memiliki tanggungjawab dan peran bagaimana mana sang bayi dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya, seperti 3 bulan pertama sang bayi minimal sudah mulai bisa telungkup. Orangtua perlu memahami konsep asah, asih, asuh.
 
"Setiap balita yang lahir dan pada usia 2 tahun / 24 bulan minimal harus ada penambahan tinggi badan sebesar 25 cm dari panjang badan saat lahir, untuk memastikan ini berjalan baik maka merupakan menjadi tugas ibu yang harus memperhatikan perkembangan sang balita". Ucap Yanti Nida, S,Tr, Keb selaku bidan puskesmas Labuh Baru Barat
 
Kelas parenting dengan tema penyuluhan Tumbuh Kembang Anak, hal ini menjadi salah satu perhatian penting dari PKPU Human Initiative Riau dan YBM PLN P3B Sumatera untuk meningkatkan status gizi dari ibu hamil dan menyusui serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga dapat mencegah terjadinya kematian ibu dan anak serta gizi buruk seperti terjadinya stunting dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah).
 
Dalam pelaksanaan kegiatan, para orang tua dihimbau untuk memastikan proses tumbuh kembang anak dengan optimal dan tidak terlepas dari kebutuhan dasar yang diberi oleh orang tua yaitu selain memberi pola asuh yang baik, orang tua juga harus memberikan kebutuhan asah dan asih pada anak. 

Penyuluhan berjalan dengan lancar dan komunikatif, hal ini dilihat dari adanya proses tanya jawab antara peserta dan pemateri. Selain dilakukannya penyuluhan, pada kelas parenting ini juga diadakan pembagian nutrisi kepada seluruh ibu hamil dan menyusui yang merupakan bagian dari penerima manfaat.
 
"Melalui kegiatan ini, harapan kedepan untuk Penerima Manfaat di wilayah Kel. Labuh Baru Barat dan Kel. Air Hitam adalah dapat mempertahankan dan meningkatkan keinginan untuk memeriksakan diri, kandungan, serta bayinya di Posyandu atau Puskesmas terdekat setiap bulannya, kepada para orang tua diharapkan dapat memantau dengan baik tumbuh kembang sang anak sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan, serta kepada para kader dan petugas kesehatan agar dapat selalu memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat," ucap Afrizal Mushavi Rapsanjani selaku kepala cabang PKPU Human Initiative Riau. (Rls)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS