Khabib Nurmagomedov Dihukum Rp7 Miliar dan larangan Bertanding 9 Bulan

Khabib Nurmagomedov Dihukum Rp7 Miliar dan larangan Bertanding 9 Bulan
Ekspresi kemenangan Khabib Nurmagomedov

RIAUSKY.COM- Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) kelas ringan Khabib Nurmagomedov dijatuhi hukuman denda sebesar 500.000 dolar AS atau senilai Rp7 miliar.

Hukuman tersebut diberikan sebagai sanksi kericuhan pasca-pertarungan antara Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor di dalam dan luar ring oktagon usai keduanya bertarung di UFC 229 pada 6 Oktober 2018 lalu.

Tak hanya denda, Khabib Nurmagomedov juga dikenakan sanksi larangan bertarung di atas ring selama 9 bulan.

Hukuman yang diberikan kepada Khabib Nurmagomedov jauh lebih besar dan berat dibandingkan sanksi yang diberikan NAC kepada lawan tandingnya kala itu, Conor McGregor yang hanya mendapatkan denda sebesar 50 dolar AS atau hanya setara Rp500 juta.

Connor juga mendapat hukuman larangan bertarung selama 6 bulan. 

Khabib didenda 500 ribu dolar AS (sekitar Rp 7 miliar) dan larangan bertanding selama sembilan bulan. McGregor, sementara itu, mendapat hukuman lebih ringan. Petarung Republik Irlandia tersebut didenda 50 rbu dolar AS atau sekitar Rp 700 juta dan dikenai larangan bertanding selama enam bulan.

Hukuman itu sendiri sudah mulai aktif sejak keduanya bertarung pada 6 Oktober 2018. Dengan demikian, suspensi untuk McGregor bakal secara resmi berakhir pada 6 April 2019 mendatang. Sementara, Khabib baru akan lepas dari hukuman tiga bulan setelahnya.

Khabib sebenarnya bisa mendapat hukuman yang lebih ringan. Berdasarkan kesepakatan dengan NAC yang dicapai pada Selasa (29/1/2019) waktu setempat, Khabib bisa saja cuma menjalani masa hukuman sama seperti McGregor dengan syarat dia harus berpartisipasi dalam kampanye anti-perundungan milik Kepolisian Las Vegas.

Adapun, untuk hukuman denda yang dijatuhkan kepada Khabib, uang 500 ribu dolar AS tadi akan diambil dari hadiah yang dia terima usai menang melawan McGregor. Berdasarkan laporan Forbes, total hadiah yang diterima Khabib adalah 2 juta dolar AS.

Dari kubu Khabib, bukan cuma si petarung saja yang menerima hukuman, melainkan juga saudaranya, Abubakar. Pria 29 tahun itu melompat ke dalam ring setelah pertarungan usai untuk terlibat dalam kericuhan yang terjadi. Berdasarkan informasi dari jurnalis Ariel Helwani, Abubakar dijatuhi hukuman suspensi satu tahun dan denda 25 ribu dolar AS.

Kericuhan pasca-pertarungan itu bukan satu-satunya yang disorot oleh NAC. Chairman NAC, Anthony Marnell, mengatakan bahwa perang mulut di konferensi pers sebelum laga Khabib vs McGregor adalah sesuatu yang memalukan. 

Marnell juga mengancam bahwa di kesempatan berikutnya, ujaran tak menyenangkan bisa berbuah hukuman.
Menanggapi hukuman ini, Khabib sama sekali tidak puas. Lewat akun Twitter-nya, dia berkata seperti ini: "Politik saja terus."
Ketidakpuasan juga diutarakan manajer Khabib, Ali Abdelaziz. Meski demikian, Abdelaziz cuma mempermasalahkan besaran hukuman denda, bukan lamanya larangan bertanding.

"Kupikir ini tidak adil. Khabib didenda 500 ribu dolar dan Conor cuma 50 ribu dolar? Ini omong kosong. Namun, soal suspensi yang diterima kukira sudah cukup adil. Hanya, hukuman untuk rekan setimnya (Abubakar, red) tetap berlebihan," kata Abdelaziz.(R04)
?

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index