ASITA Riau Sangat Sayangkan Aturan Zero Commision oleh Garuda Indonesia

ASITA Riau Sangat Sayangkan Aturan Zero Commision oleh Garuda Indonesia
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Beberapa waktu lalu, Garuda Indonesia berencana akan memberlakukan zero commision bagi agent perjalanan yang menjual tiket Garuda Indonesia.

Melalui peraturan itu, maka para travel agent hanya akan mendapatkan komisi bila penjualan dalam satu bulan mencapai di atas Rp 50 juta.

Menurut Ketua DPD Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Riau Dede Firmansyah, rencana itu dibatalkan setelah Desember 2018 lalu DPP ASITA dan PT Garuda Indonesia berembuk dan menyepakati aturan itu dibatalkan.

"Sebulan berlalu, hal mengejutkan dilakukan oleh Garuda Indonesia melalui berita resmi mereka di Garuda Info (GA INFO) yang dikeluarkan pada tanggal 29 Januari 2019. Menyatakan bahwa, Zero Commision berlaku setelah tanggal 1 Februari 2019," kata Dede Ahad (10/2/2019), seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

Dede menjelaskan bagi setiap travel agent yang bekerjasama dengan Garuda Indonesia dalam menjual tiket, hanya akan mendapatkan komisi jika Penjualan travel agent berada di atas angka Rp 50 juta.

Adapun skema zero commision yang terima dari pihak ASITA Riau yakni, Penjualan di atas Rp 400 miliar akan diberikan komisi 8 persen, Rp 300 miliar sampai Rp 400 miliar 7 persen, Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar 6 persen, Rp 100 miliar sampai Rp 200 miliar 5 persen, Rp 50 miliar sampai Rp 100 miliar 4,50 persen, Rp 5 miliar sampai Rp 50 miliar 4 persen, Rp 50 juta sampai Rp 5 miliar 3  persen, dan Rp 50 juta 2 persen.

"Skema Garuda Indonesia ini, saya pikir bukan pemberian komisi, tapi hasil prestasi, setelah mencapai penjualan tertentu baru dapat Fee,"tutup Dede. (R05/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index