Warga Pekanbaru Geger, Ada Jejak Harimau di Tenayan Raya, Ini Penjelasan BBKSDA

Warga Pekanbaru Geger, Ada Jejak Harimau di Tenayan Raya, Ini Penjelasan BBKSDA
Jejak kaki tapir.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Warga di Kelurahan Sialang Rampai, Tenayan Raya, Pekanbaru Riau digegerkan dengan penampakan jejak kaki harimau sumatera.

Sekilas, jejak kaki tersebut mirip dengan jejak kaki harimau. Namun, setelah dilakukan penyelidikan oleh tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, akhirnya diklarifikasi bahwa jejak tersebut bukanlah milik harimau sumatera.

''Kita dapat laporan pengaduannya dari masyarakat, lantas kita turun ke lapangan dan melakukan pemeriksaan. Ternyata, itu bukan jejak harimau,'' ungkap Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriati, Kamis (14/2/2019).

Disebutkan dia, pihaknya memang menemukan tapak dari satwa yang diduga harimau sumatera tersebut. Namun, dari hasil penelurusan dan pengecekan, dipastikan jejak itu bukan harimau sumatera, namun lebih mendekati jejak kaki tapir. 

''Ya, setelah kita lihat, itu bukan harimau, tapi jejak tapir,'' ungkap dia. 

Dia juga berharap warga tak perlu khawatir. 

Sehari sebelumnya, warga di sekitaran Kelurahan Sialang Rampai, Tenayan Raya, Pekanbaru digegerkan dengan penemuan jejak tapak kaki berukuran cukup besar dan mirip jejak harimau.

Warga yang pemukimannya berada di sekitar areal perkebunan pun dibuat waswas karena khawatir hewan buas itu menyerang dan masuk ke pemukiman warga. 

Karena itulah, mereka meminta BBKSDA untuk melakukan identifikasi terhadap jejak tersebut. 

''Ya, syukurlah kalau bukan harimau, karna kita juga khawatir kalau itu hewan buas, kan berbahaya bagi masyarakat,'' kata salah seorang warga.(R05) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index