Dosen Umri Raih Gelar Doktor pada Kajian Teroris dan Media

Dosen Umri Raih Gelar Doktor pada Kajian Teroris dan Media

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Media massa ternyata terjebak dalam wacana barat yang menggulirkan Islam sebagai agama radikal dan teroris. Cover both side yang seharusnya dilakukan media ternyata cenderung diabaikan.

Fakta itu terungkap dalam Disertasi Aidil Haris S Sos MSi pada sidang terbuka promosi doktor program studi doktoral Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan. 

Sidang tersebut dipimpin Direktur Pascasarjana UIN Sumatera Utara, Prof. DR. Syukur Kholil, MA, Rabu 6 Maret 2019.

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), itu pada sidang tersebut juga memaparkan bahwa  media hanya memiliki satu informan utama saja dalam setiap pemberitaan seputar teroris yaitu pihak kepolisian atau BNPT. Padahal, idealnya, media harus mengkonfirmasi setiap pemberitaan tersebut secara profesional. 

Dengan demikian, media akan mampu memfilter setiap pemberitaannya agar tidak terjebak kepada pelabelan teroris terhadap Islam.

Dalam sidang terbuka promosi doktor tersebut dipimpin Prof. DR. Syukur Kholil, MA, Sekretaris sidang, Dr. Achyar Zein, M.Ag, tim penguji, Prof. DR. Suwardi Lubis, MS, Prof. DR. Lahmuddin, Lubis, Dr. Erwan Efendi, MA, Dr. Ahmad Thamrin Sikumbang, MA.

Berhasilnya Aidil Haris mempertahankan disertasinya, maka Riau telah memiliki seorang Doktor dan pakar pada kajian Teroris dan Media satu-satunya di Riau. 

Sedikit ulasan, Dr. Aidil Haris merupakan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Umri dan pernah pula menjabat sebagai Wakil Dekan Fikom Umri pada 2010-2014. 

Sebelum mengabdikan diri sebagai dosen, Aidil Haris cukup lama terjun di dunia wartawan. Diawali dari menjadi aktivis di pers kampus saat kuliah S1 di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau. 

Ia juga pernah menjadi wartawan di tabloid politik Pondasi, mengelola website gubernur Riau Rusli Zainal (bangrusli.net), serta koordinator liputan di Harian pagi Rakyat Riau. (R05/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index