Romahurmuziy Ditangkap KPK, Tiba-tiba Ustadz Abdul Somad Posting Jasa Besar Imam Ar-Ramahurmuzy

Romahurmuziy Ditangkap KPK, Tiba-tiba Ustadz Abdul Somad Posting Jasa Besar Imam Ar-Ramahurmuzy

RIAUSKY.COM - Ntah ada maksud apa atau hanya kebetulan, tiba-tiba saja Ustadz Abdul Somad (UAS) bicara soal sosok Imam al-Hasan ibn Abdirrahman ibn Khallad ar-Ramahurmuzy. Imam tersebut menulis kitab berjudul al-Muhaddits al-Fashil Baina ar-Rawi wa al-Wa'i.

Seperti diketahui, KPK menangkap Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy yang kebetulan juga punya nama sama.

Pernyataan itu disampaikan UAS lewat Instagram resminya, @ustadzabdulsomad, seperti dilansir dari detikcom, Jumat (15/3/2019). Dia juga mengunggah foto kitab yang ditulis oleh Imam Ar-ramahurmuzy.

"IMAM AR-RAMAHURMUZY (265H - 360H) • • Nama lengkap beliau ialah Imam al-Hasan ibn Abdirrahman ibn Khallad ar-Ramahurmuzy • • Beliau orang pertama yang menulis Ilmu Hadits secara spesifik dalam satu kitab berjudul al-Muhaddits al-Fashil Baina ar-Rawi wa al-Wa'i," tulis UAS.

UAS mengatakan Imam Ar-ramahurmuzy mempunyai jasa besar dalam ilmu hadis. Meskipun, sambung UAS, sudah ada Imam Syafi'i yang membahas ilmu hadirs sebelum Imam Ar-Ramahurmuzy.

"Walaupun sebenarnya seabad sebelum itu Imam Syafi'i (wafat 204H) sudah membahas Ilmu Hadits dalam kitab Ushul Fiqh yang berjudul ar-Risalah," sambung dia. 

Imam Ar-ramahurmuzy lahir pada 265 hijriah dan wafat pada 360 hijriah. 

Nama Ar-Rahmahurmuzy ini menunjukkan bahwa dia merupakan seseorang yang berasal dari Ramahurmuz di wilayah Persia. Kitab yang ditulis oleh Ar-Ramahurmuzy menjadi salah satu karya penting dalam ilmu hadir. 

Semasa hidupnya, Ar-Ramahurmuzy berguru kepada sejumlah orang. Dia juga mempunyai murid-murid di antaranya Abu Abdillah Ahmad bin Ishaq Al Nahawandi al-Hasan bnin Al-Lais Al-Syairazi. (R01)

Listrik Indonesia

#Romahurmuzyi ditangkap

Index

Berita Lainnya

Index