Keluar Pakai Rompi Orange KPK, Romahurmuziy Tersangka

Keluar Pakai Rompi Orange KPK, Romahurmuziy Tersangka
Romahurmuziy keluar dari gedung KPK mengenakan rompi orange. Foto: detik.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan status tersangka kepada Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Romahurmuzy.

Romi keluar dari gedung KPK Sabtu (16/3/2019) sekitar pukul 11.45 WIB siang tadi mengenakan rompi orange KPK dengan dikawal petugas dan mengenakan kacamata hitam.

Romi ditetapkan tersangka dalam kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan Romi diduga terlibat dalam korupsi Sistem Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi di Kantor Kementerian Agama di Jawa Timur. Dalam penangkapan tersebut, Romi juga ditangkap dengan lima orang lainnya di antaranya adalah Haris Hasanudin dan Muhammad Muafag.

"HRS dan MFQ menghubungi RMY untuk proses lelang jabatan tersebut," kata Laode dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (16/3).

Dalam seleksi tersebut, KPK mengamankan uang Rp156,75 juta.

KPK menyimpulkan ada dugaan tindak pidana korupsi dalam seleksi jabatan 2018-2019. Lembaga itu menetapkan tiga tersangka yakni RMY, HRS dan MFQ. Romi disangkakan Pasal 12 ayat a atau b jo Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Seperti diketahui, kasus ini bermula dari OTT yang dilakukan KPK di Surabaya, Jawa Timur. Penyidik KPK mengamankan lima orang dalam operasi senyap. Salah satu di antara mereka yang diamankan diketahui adalah Romi.

Pemeriksaan awal dilakukan penyidik KPK menggunakan fasilitas yang diberikan Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur. Kapolda Jawa Timur Irjen (Pol) Luki Hermawan menyebut penyidik KPK melakukan pemeriksaan meminjam ruangan Subdit III Tipikor Polda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Pemeriksaan dilakukan hingga pukul 13.00 WIB hingga akhirnya kelima orang yang diamankan--termasuk Romi-- dibawa menuju Jakarta melalui penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya untuk langsung menuju KPK.

Romi dan sejumlah tersangka lainnya akhirnya tiba di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta Selatan sekitar pukul 20.00 WIB. (R04)

Listrik Indonesia

#Romahurmuzyi ditangkap

Index

Berita Lainnya

Index