Komunitas Anak Ceria Galang Dana untuk Pemerataan Pendidikan di Riau

Senin,18 Maret 2019 | 10:10:35 WIB
Komunitas Anak Ceria Galang Dana untuk Pemerataan Pendidikan di Riau
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Untuk menjangkau pemerataan pendidikan di Provinsi Riau, Komunitas Anak Ceria (Kaca) Pekanbaru melakukan aksi penggalangan dana sekaligus open donasi buku yang akan disalurkan ke Taman Baca Masyarakat (TBM) di beberapa wilayah tertinggal, terbelakang dan terluar (3T) yang ada di Provinsi Riau.

Kaca melakukan Kegiatan galang dana sekaligus open donasi pada hari Minggu (17/3) di area Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, tepatnya di trotoar jalan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang. 

Adapun kegiatan ini disebarluaskan pihaknya setiap hari melalui akun media sosial.

Ketua Kaca Pekanbaru, Fajar Yuda Utomo, menjelaskan bahwa Kaca ini lahir karena kepedulian generasi muda terhadap pendidikan dan anak-anak yang berada di daerah perbatasan kota Pekanbaru yang masih minim fasilitas pendidikan.

“Hasil donasi akan disalurkan ke Taman Baca Masyarakat (TBM) di daerah 3 T Provinsi Riau, untuk anak-anak marjinal yang membutuhkan akses pendidikan,” kata Fajar, Senin (18/3).

Adapun Komunitas yang telah aktif selama 6 bulan ini telah memberikan pendidikan bagi anak jalanan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman gang Rambai, Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru. 

Bimbingan belajar ini dilaksanakan setiap dua kali seminggu yaitu hari Senin malam dan Kamis malam di teras rumah warga.Fajar menjelaskan, untuk saat ini sudah terbentuk beberapa TBM atau kampung literasi ceria yang dibangun dari hasil penggalangan dana sekaligus open donasi buku yang selalu digalakkan Kaca.

“Kedepannya akan dibangun lebih banyak lagi, dan program Kaca akan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, pihaknya akan terus berupaya membantu meningkatkan pendidikan yang ada di Riau meskipun dengan latar belakang pendidikan yang berbeda dari setiap anggota Kaca.Fajar optimis mutu pendidikan bisa meningkat apabila generasi muda mau mengabdikan diri membantu pendidikan di Riau.

“Dengan background pendidikan anggota Kaca yang berbeda menciptakan suasana berbagi ilmu yang berbeda pulak. Jika generasi muda peduli pendidikan, pendidikan akan maju,” tambah Fajar.

Melalui aksi dari Kaca ini, ia berharap, mampu memberikan manfaat yang besar bagi generasi penerus bangsa, dengan mendapatkan sedikit akses pendidikan yang baik.

Ia juga mengaku sejauh ini belum menggandeng pemerintah dalam aksinya, namun kedepannya akan berupaya bersinergi dengan pemerintah memajukan pendidikan di Riau.

“Semoga melalui aksi kecil dari Kaca dapat memberikan manfaat bagi anak-anak yang minim fasilitas pendidikan. Kedepannya Kaca berupaya menjalin kerjasama dengan pemerintah untuk pendidikan Riau lebih baik,” pungkasnya. (R07/Mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS