Bupati Meranti dan Jajaran Silaturahim ke Petinggi Daerah Provinsi Riau

Bupati Meranti dan Jajaran Silaturahim ke Petinggi Daerah Provinsi Riau
Bupati Kepulauan Meranti Irwan dan jajaran saat berkunjung ke kediaman Gubernur RIau H Syamsuar.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menghadiri acara Open House Idul Fitri 1440 H, di kediaman Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, Kapolda Riau Irjend Pol. Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031 WB Brigjend TNI Moh. Fadjar, Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar.

Kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturahmi untuk bersama-sama membangun daerah itu, dilaksanakan dihari kedua Idul Fitri 1440 H, Kamis (6/6/2019).

"Idul Fitri ini merupakan moment yang tepat bagi kita untuk mengukuhkan silaturahmi dan kebersamaan semoga dengan pertemuan ini kita dapat bersama-sama membangun Riau lebih baik lagi kedepan, khususnya Kabupaten Meranti," ungkap Bupati H. Irwan.

Turut hadir bersama Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Meranti H. Yulian Norwis SE MM dan istri, Kepala BKD Meranti Alizar, Kepala Disdagprinkop Meranti Drs. Azza Fahroni, Kepala Dinas Perikanan Meranti H. Anwar Zainal, Kepala Bappeda Meranti H. Mamun Murod, Kepala Inspektorat Meranti Drs. Suhendri, Kalaksa BPBD Meranti Edy Afrizal, Kepala Dinas Pariwisata Meranti Rizki Hidayat, Kadis LHK Hendra Putra, Camat Tebing Tinggi Helfandi, Camat H. Said Jamhur, Camat Idris Sudin, Camat M. Nasir, Camat Merbau Wan Fahriarmi, Camat Tasik Putripuyu Abdul Hamid, Kabag Risalah DPRD Meranti T. Azman, Camat Tunjiarto, Kabag Umum Mardiansyah, Camat Tebing Tinggi Timur Rayan Pribadi, Camat M. Nazar, Sekretaris Dispenda Meranti, Kabag Ortal Meranti Rika S.Sos.

Lokasi pertama yang disambangi Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan rombongan adalah kediaman Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar dijalan Diponegoro Pekanbaru, kedatangan rombongan Pemerintah Kabupaten Meranti disambut oleh Kabiro Kesra Sekdaprov Riau H. Masrul Kasmy dan Mantan Pj. Bupati Meranti Drs. H. Edy Kusdarwanto. Selanjutnya Bupati Meranti dan rombongan dijamu oleh Gubernur Riau untuk menikmati juadah yang telah disediakan sambil berbincang hangat mengenai berbagai hal untuk membangun Meranti, menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu yang menjadi fokus Bupati dan Wakil Bupati adalah bagaimana membuka isolasi Meranti memanfaatkan RoRo Alai Insit-Pelabuhan Buton yang baru saja dioperasikan. Saat ini RoRo yang masih dalam tahap uji coba itu baru bisa melayani 2 kali seminggu padahal tingkat kebutuhan masyarakat cukup tinggi. Untuk itu Bupati Irwan mengusulkan kepada Gubernur Riau dapat mengupayakan RoRo beroperasi 3 kali seminggu agar dapat melayani orang, sembako dan BBM.

"Kalau bisa RoRo bisa beroperasi 3 kali seminggu, hari pertama untuk warga, kedua untuk membawa BBM dan ketiga membawa Sembako," ucap Bupati.

Mendengar hal ini Gubri Syamsuar akan mencoba mencari solusi melaui Dinas terkait dan BUMD Riau PT. RIC selaku perusahaan pemilik Kapal RoRo.

Selain itu Bupati juga curhat soal dispensasi bagi Meranti untuk melakukan pendagangan lintas batas sebagai salah satu solusi mengatasi mahalnya harga sembako dipasaran, pada kesempatan itu Bupati mengajak Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Riau untuk sama-sama memperjuangkannya. 

Diakui Bupati masalah ini sudah pernah disampaikan ketingkat pusat melalui hearing dengan lagislator di Senayan dan kooridinasi dengan pihak Kementrian terkait namun hingga saat ini dispensasi itu belum dapat dikeluarkan.

"Dan jika itu tidak dibuka (perdagangan lintas batas.red) bagaimanapun usaha kita untuk menekan angka kemiskinan di Meranti akan sulit diatasi," ujar Bupati kepada Gubernur. 

Lokasi kedua yakni kediaman Kapolda Riau Irjend Pol. Widodo Eko Prihastopo dijalan Diponegoro Pekanbaru dan disambut langsung oleh Kapolda dan Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar yang kebetulan sama-sama melakukan Open House. 

Dirumah orang nomor satu dijajaran Polda Riau itu, Bupati Irwan berbincang soal situasi Kamtibmas di Meranti yang cukup kondusif meski terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya. Bupati berharap sinergitas yang baik antara jajaran Kepolisian dengan Pemda Meranti yang sudah baik semakin baik lagi dalam mencibtakan situasi Kamtimbas di Meranti.

Selanjutnya Bupati Irwan dan rombongan singgah dirumah Komandan Korem 031 Wira Bima. 

Di lokasi ini rombongan langsung disambut hangat Danrem 031/WB Brigjend TNI Moh. Fadjar kemudian saling berbincang tentang berbagai potensi di Meranti yang dapat diangkat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

Salah satunya adalah Kopi Liberika Meranti yang memiliki rasa khas, Danrem 031 WB mengaku sangat menyukai Kopi asli Meranti itu dan menjadikan salah satu minuman andalan dalam acara Open House di kediamannya.

Sambil menikmati Kopi khas Meranti sesekali terdengar gelak tawa yang turut menghiasi silaturahmi pimpinan TNI wilayah Riau ini dengan Bupati, Wakil Bupati dan Muspida Meranti, usai bersalam-salaman dan foto bersama selanjutnya rombongan Bupati Meranti berpamitan untuk mengunjungi kediaman Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar. 

Sesampai dikediaman Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar rombongan disuguhi berbagai menu makanan dan minuman, sambil menikmati juadah Bupati dan rombongan berbincang dengan Wagubri. Terlihat Wagubri memberikan tausiah kepada rombongan Pemerintah Meranti bagaimana menjadi orang yang bersyukur dan selalu merasa cukup sehingga terbebas dari sikap serakah, selain itu mengajak untuk bersifat ikhlas dengan memperbanyak sedekah. 

Usai berbincang hangat selanjutnya Bupati Meranti mengunjungi rumah Ketua DPRD Meranti Hj. Septina Primawati Rusli yang berada tepat bersebelahan dengan kediaman Wagubri Edy Natar. 

Di Momen non formal dan penuh kekeluargaan itu dimanfaatkan oleh Bupati untuk membicarakan berbagai hal terkait harapan serta dukungan dari DPRD Riau terhadap pembangunan di Kabupaten Meranti, yang mendapat dukungan positif Ketua DPRD Hj. Septina Primawati. 

Ia mengaku apa yang diinginkan Pemda Meranti sama dengan dirinya dan ia siap untuk menjembatani.

Bupati berharap dengan dukungan dari DPRD khususnya Ketua DPRD Hj. Septina Primawati Rusli, Meranti mampu menjadi Kabupaten yang maju dan sejajar dengan Kabupaten lainnya yang lebih dulu mekar.(R19)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index