76 Ribu Wisatawan Hadiri Bakar Tongkang di Rohil Capai

Kamis,20 Juni 2019 | 05:57:45 WIB
76 Ribu Wisatawan Hadiri Bakar Tongkang di Rohil Capai
Ket Foto :

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Iven Festival Bakar Tongkang yang digelar pada Rabu (19/6/19) sore di Bagansiapiapi menarik ribuan wisata lokal dan asing untuk melihat langsung langsung.

Bakar Tongkang merupakan tradisi turun-temurun bagi warga Tionghoa Bagansiapiapi untuk menghormati nenek moyang mereka. Hal ini membuat puluhan ribu perantau yang kini tinggal di berbagai kota di dalam dan luar negeri seperti pulang kampang khusus untuk menghadiri Bakar Tongkang.

Bupati Rohil H.Suyatno Amp dalam kata sambutannya mengatakan bahwa festival bakar tongkang yang dilakukan warga tiong hoa merupakan wisata lokal dan nasional bahwa kan sudah menjadi wisata internasional. 

"Coba kita lihat, ribuan para wisata dari luar negeri hadir untuk menyaksikan efent bakar tokang ini," Kata Suyatno.

Pada tahun sebelumnya, setidaknya ada 60 ribu para pengunjung untuk melihat bakar tokang. Alhamdulilah pada tahun ini meningkat pengunjung nya, informasi yang saya dapat kan ada 76 ribu pengunjungnya. Artinya, dari tahun ke tahun meningkat para pengunjung bakar tongkang. Semoga pada tahun depan bisa mencapai 100 ribu pengunjung nya." harap Suyatno.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs.H. Syamsuar Msi mengatakan bahwa iven bakar tongkang yang dilakukan warga tionghoa bagansiapiapi sudah masuk dalam kalender nasional kita. Sehingga ini wisata bakar tongkang sudah agenda setiap tahun yang harus dilakukan. Dan ini sangat membangakan bagi profinsi riau khususnya kabupaten Rohil.

"Bakar tongkang yang kita lakukan  ini merupakan hal positif. Yang bisa mendongkarak perekonomian masyarakat. Dari itu, mari kita jaga kelestarian ini supaya tidak punah." Ungkapnya.

"Selain itu, saya mengharapkan ada invenstasi dari luar untuk menanamkan modal nya di kabupten Rohil. Sehingga bisa memajukan perekonomian masyarakat." harap Syamsuar. (R15)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS