Bukan Tahun Ini, Bebas Biaya Pendidikan SMA dan SMK Berlaku Tahun 2020

Bukan Tahun Ini, Bebas Biaya Pendidikan SMA dan SMK Berlaku Tahun 2020
Kadis Pendidikan Riau, Rudianto

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemprov Riau akan mulai menggratiskan biaya pendidikan untuk seluruh siswa tingkat SMA maupun SMK terhitung tahun depan.

Kebijakan tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Rudyanto terkait  polemik informasi gratis biaya pendidikan SMA dan SMK saat penerimaan siswa baru tahun 2019 ini.

"Sekolah gratis SMA/SMK itu bukan tahun ini, tapi tahun 2020 yang akan datang, karena anggarannya baru diusulkan tahun ini," kata mantan Penjabat Bupati Indragiri Hilir ini kepada, Ahad (30/6/19).

Namun Rudyanto mengatakan, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini tidak ada dipungut biaya atau gratis.

"Kalau PPBD ini memang tak ada pungutan biaya. Ini juga sudah ditegaskan pak Gubernur kalau ada sekolah yang melakukan pungutan pada saat PPBD agar ditindak tegas," ujarnya.

Masih terkait soal sekolah gratis SMA/SMK, Rudyanto menyatakan saat ini Perda Wajib Belajar 12 Tahun untuk memastikan anak SLTP mendapat pendidikan SMA/SMK/MA masih digodok di DPRD Riau.

"Untuk anggarannya masih disusun di Bappenda. Dengan begitu maka sekolah gratis SMA/SMK Insya Allah bisa dilaksanakan tahun depan, bukan tahun ini," pungkasnya.(CR1/mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index