Jokowi Siapkan Calon Pemimpin Baru dan Lebih Muda, Ini Kata Ngabalin...

Jokowi Siapkan Calon Pemimpin Baru dan Lebih Muda, Ini Kata Ngabalin...
Ali Mukhtar Ngabalin

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyebut Joko Widodo (Jokowi) akan menyiapkan generasi pemimpin baru dalam kabinet pemerintahan periode kedua. Kalangan muda?

"Presiden Jokowi itu kan mempersiapkan diri untuk periode yang kedua. Dengan begitu, maka banyak orang mesti tahu apa yang sedang beliau lakukan adalah bagian dari strategi beliau dalam mempersiapkan pemimpin-pemimpin baru bagi Indonesia," kata Ngabalin kepada wartawan di kawasan Senayan, Sabtu (6/7/2019). 

Ngabalin berbicara mengenai generasi baru ini dengan mengaitkan narasi yang pernah digunakan Jokowi terkait menteri muda. Namun urusan usia menteri, bagi Ngabalin, tak perlu dipertentangkan. 

"Sebenarnya, usia muda, usia tua, milenial, atau orang tua itu tidak perlu menjadi pembahasan yang serius, tidak perlu menjadi dikotomi. Bahwa beberapa diksi dan narasi yang dipakai presiden terkait dengan sejumlah menteri-menteri muda, seperti beliau menyebutkan antara 20-an dan sekian itu, itu adalah bagian daripada ekspresi yang, gerakan cepat yang terus dilakukan oleh Presiden Joko Widodo," tutur dia dilaporkan detik.com.

Terkait dengan urusan kabinet pemerintahan 2019-2024, wapres terpilih Ma'ruf Amin pernah berbicara mengenai peluang jatah menteri untuk kabinet dari berbagai latar belakang. 

"(Peluang menteri) dari banyak pihaklah. Termasuk NU, termasuk yang lain-lain. Tentu semuanya mungkin. Tapi itu hak prerogatif presiden," kata Ma'ruf Amin, Kamis (4/7).

Ma'ruf menuturkan kabinet baru akan dibahas pada pertengahan Juli. Dia belum mengetahui siapa saja yang akan ditunjuk Jokowi.

"Beliau (Jokowi) juga bilang Juli baru nanti ada pembicaraan-pembicaraan. Yang pasti kan tentu ada dari pihak partai koalisi, dari profesional, kira-kira begitu. Jumlahnya belum, apalagi orangnya. Orangnya tambah belum," ujar Ma'ruf.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index