Kepala BNPB: 99 Persen Karhutla di Riau Terjadi karena Ulah Manusia, Ada Juga yang Dibayar

Kepala BNPB: 99 Persen Karhutla di Riau Terjadi karena Ulah Manusia, Ada Juga yang Dibayar

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Munardo kembali menegaskan bahwa 99 persen Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Indonesia termasuk di Riau disebabkan karena manusia. 

Karena itu menurut Kepala BNPB ini, untuk mengatasinya harus ada upaya pendekatan, bagaimana kebakaran yang lebih disebabkan karena manusia ini bisa dilakukan pencegahan. 

"Saya tegaskan 99 persen disebabkan manusia. Karena itu untuk mengatasinya juga manusianya didekati. Beri pemahaman, edukasi soal Karhutla," kata Doni, pada acara tatap muka dengan pemerhati lingkungan termasuk mahasiswa se-Provinsi Riau di Gedung Daerah, Rabu (10/7/19).

Meski menyebutkan Karhutla 99 persen disebabkan ulah manusia, mantan Danjen Koppasus ini menyebutkan ulah manusia dimaksud tidak hanya karena adanya pembukaan lahan untuk membuka perkebunan warga secara tradisional. Tetapi juga karena adanya warga yang sengaja dibayar untuk tujuan tertentu. 

Doni tak menegaskan siapa yang menyuruh warga membakar lahan termasuk untuk kepentingan apa. Namun dengan dua hal itu diyakini penyebab kenapa persoalan Karhutla di Riau terus berulang setiap tahunnya.

Meski diakui Karhutla di Riau yang dulu pernah beberapa kali sampai ke negara tetangga, kiki sudah mulai bisa diatasi. Tetapi adanya Karhutla yang terus terjadi setiap tahunnya menegaskan cara-cara membakar lahan yang menyebabkan terjadinya Karhutla.

Tercatat sejak awal tahun hingga bulan Juli ini, lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 3.429,89 hektar. Dari ribuan hektar kawasan yang terbakar tersebut, paling luas  terdapat di Kabupaten Bengkalis, yakni dengan luas 1.435.83 hektar. (R06/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index