Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Berikan Sosialisasi Manajemen Keuangan Keluarga di Siak Hulu

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Berikan Sosialisasi Manajemen Keuangan Keluarga di Siak Hulu

SIAK HULU (RIAUSKY.COM) - Tim pengabdian Universitas Riau yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) yang ditempatkan di Desa Pangkalan Serik, Kecamatan Siak Hulu, Kampar mengadakan sosialisasi manajemen keuangan keluarga pada Sabtu (26/7/19).

Keluarga adalah organisasi terkecil namun memiliki dampak pembentukan karakter yang sangat besar. Salah satu karakter yang harus dibentuk kepada seluruh anggota keluarga adalah karakter bijak dalam pengelolaan keuangan.

Hampir semua anggota keluarga akan menghadapi pengelolaan keuangan. Tidak hanya seorang ibu rumah tangga, atau suami sebagai kepala rumah tangga, namun seorang anak juga harus akan menghadapi dengan persoalan pengeloaan keuangan. 

Uang memang sangat dibutuhkan untuk menjalani hidup. Uang diperlukan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, atau untuk biaya pengobatan jika sakit. 

Jika uang tidak dapat dikelola dengan baik dan bijak maka uang bisa terbuang untuk pengeluaran yang tidak penting dan berlebih-lebihan, atau uangan hanya habis untuk kebutuhan sehari-hari sehingga kita tidak dapat memiliki tabungan. Padahal sedikit atau banyaknya uang, tetap harus dikelola sehingga kehidupan kita bisa menjadi lebih baik. 

Masyarakat Desa Pangkalan Serik umumnya bekerja sebagai petani yang mendapatkan uang dalam seminggu sekali. Ini membuat masyarakat memang harus ekstra dalam mengatur keuangan. Untuk itu tim pengabdian Universitas Riau memberikan sosialisasi bagaimana membuat manajemen keuangan keluarga. 

Sebelum memberikan sosialisasi tim pengabdian terlebih dahulu menanyakan seputar uang pemasukan yang didapatkan oleh ibu-ibu setiap harinya. Hal ini agar sesuai dengan materi yang akan disosialisasikan nantinya.

Sosialisasi ini dilakukan kepada ibu-ibu wirid Desa Pangkalan Serik pada Sabtu (26/7/19). Kegiatan ini dihadiri oleh banyak ibu-ibu dan mereka sangat antusias mendengarkan apa yang tim pengabdian sampaikan. 

Pada kesempatan ini tim pengabdian juga membagikan buku manajemen keuangan keluarga yang berisikan tentang bagaimana mengatur keluarga dengan baik serta terdapat pula tabel untuk mengatur keuangan yang didapatkan.

Harapannya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat desa Pangkalan Serik dapat memanajemen keuangan dengan lebih baik lagi dan terimakasih kepada masyarakat yang telah memperkenankan tim pengabdian untuk membagi sedikit ilmu yang telah didapatkan selama kuliah. Semoga dapat bermanfaat untuk kedepannya. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index