Unri Gelar Seminar Nasional Teknologi dan Pengelolaan Lingkungan Tropis

Unri Gelar Seminar Nasional Teknologi dan Pengelolaan Lingkungan Tropis

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Fakultas Teknik (FT) Universitas Riau (UNRI) mengadakan Seminar Nasional Teknologi dan Pengelolaan Lingkungan Tropis (SNT – PelTro) 2019, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu, (21/8/2019).

Acara yang berlangsung dari tanggal 21-22 Agustus 2019 ini mengusung tema “Pemanfaatan Air Gambut dan Pengelolaan Limbah Industri Oleo dan Petrokimia Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Lingkungan Tropis untuk Mendukung Perekonomian Nasional”.

Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Provinsi Riau, M Efendi Saputra mengatakan bahwa di Indonesia masih banyak yang belum memanfaatkan limbah organik pertanian.

"Padahal limbah organik ini bisa dijadikan sebagai produk baru sumber material energi seperti pupuk organik atau bahan baku industri lainnya," tuturnya.

Ia melanjutkan, limbah kelapa sawit sebagai limbah organik yang cukup banyak di Indonesia, terutama di Riau harus bisa dimanfaatkan dan dapat mendukung perekonomian nasional

"Semoga melalui seminar ini dapat menambah ilmu, serta menjadi media informasi, gagasan, dan pengetahuan dalam pengelolaan limbah industri," tutupnya.

Hadir sebagai moderator antara lain Dosen FT UNRI David Andrio, Kasubdit Pelestarian Ekosistem Gambut Direktorat Pengendalian Kerusakan Gambut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan M. Askary, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Ari Herlambang, perwakilan dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN V) Andri, dan perwakilan dari PT. Pertamina RUU II Dumai Seno Haryono.

Peserta terdiri dari 47 Pemakalah, yang berasal dari berbagai Universitas, diantaranya Universitas ITS Surabaya, USU Medan, Unand Padang, Unila Lampung, Universitas Bengkulu (UNIB), serta dari Riau ada Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Islam Negri (UIN) Sultan Syarif Qasim dan UNRI, yang di berikan kesempatan untuk bertanya. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index