Kabar Baik! Pekan Ini Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik Lagi

Kabar Baik! Pekan Ini Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik Lagi
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode 21-27 Agustus 2019 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit. Dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp47,75 per kilogram (kg) atau mencapai 3,29 persen dari harga minggu lalu.

Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu mengatakan, rapat penetapan harga TBS kelapa sawit pekan ini dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Kuantan Singingi (Kuansing).

"Sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.498,29 per kg," kata Tengku ketika dihubungi media di Pekanbaru, Kamis (22/8/2019).

Ia menjelaskan, kenaikan harga TBS periode ini disebabkan oleh kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.

Di samping itu, kata Tengku, harga TBS ini juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, diantaranya akibat sentimen positif terhadap harapan damai dagang antara AS dan China.

"Sehingga saat ini harga CPO Rp6.992,89 dan kernel Rp3.850,39," kata Tengku. (R05/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index