Dihadiri Raja-raja Nusantara, Lembaga Kesultanan Siak Dikukuhkan

Dihadiri Raja-raja Nusantara, Lembaga Kesultanan Siak Dikukuhkan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sabtu (24/8/2019) siang ini dilaksanakan pengukuhan Lembaga Kesultanan Siak, sekaligus penobatan Mangkubumi Kesultanan Siak dan Timbalan Mangkubumi Kesultanan Siak.

Yang mana, acara ini dihadiri oleh Raja-raja Nusantara diantaranya seperti dari Kesultanan Demak, Kesultanan Palembang, Kesultanan Asahan, Kerajaan Gunung Sahilan, Kerajaan Indragiri, dan Kerajaan Brunei Darussalam.

Demikian disampaikan oleh Timbalan Mangkubumi Kerajaan Siak, Tengku Muhammad Toha di Hotel Premier Pekanbaru, Sabtu pagi.

"Nantinya, acara pengukuhan itu akan dilanjutkan dengan acara pemberian anugerah gelar adat Kesultanan Siak kepada Gubernur Malaka Mohd Khalil Yaakob. Kepada Datuk Syed Alwi Bin Tun Sri Syed Nasir dari Malaysia," kata Tengku Muhammad Toha.

Di mana, pemberian anugerah gelar adat Kesultanan Siak kepada Gubernur Malaka ini diberikan dalam rangka menjaga hubungan kesejarahan Kesultanan Melayu di masa lampau.

"Nama gelarnya tidak bisa disebutkan sekarang, nanti kalau sudah di dalam prosesi acara," kata Timbalan Mangkubumi Kerajaan Siak ini.

Selain itu, anugerah gelar adat Kesultanan Siak juga akan diberikan kepada tokoh masyarakat Riau, yakni Wan Abubakar, OK Nizami Jamil dan Fadlah Sulaiman.

"Mereka diberikan anugerah gelar adat karena dianggap sebagai tokoh masyarakat yang dianggap konsisten mengembangkan kebudayaan Melayu," tutupnya. (R06/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index