Mahasiswa Kukerta Unri di Rambah Tengah Sulap Pelepah Sawit Jadi Tempat Sampah

Mahasiswa Kukerta Unri di Rambah Tengah Sulap Pelepah Sawit Jadi Tempat Sampah
Foto bersama Kepala Desa Rambah Tengah Hilir dan Staf serta Mahasiswa KUKERTA UNRI 2019.

PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Mahasiswa Tim Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) tahun 2019 di Desa Rambah Tengah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu memanfaatkan pelepah kelapa sawit yang dibuang menjadi sebuah tempat sampah yang bagus.

Banyaknya perkebunan kelapa sawit di desa tersebut, membuat mahasiswa KUKERTA UNRI Desa Rambah Tengah Hilir mendapatkan ide memanfaatkannya menjadi barang yang berguna oleh masyarakat. Mahasiswa telah melakukan survei di desa, banyaknya tempat atau daerah yang tidak memiliki tempat sampah sehingga masih banyak sampah berserakan didesa tersebut. 

Dengan demikian, mahasiswa memutuskan untuk membuat tempat sampah dari pelepah kelapa sawit.

Dalam masa pengabdian, Tim Mahasiswa KUKERTA melakukan pencarian pelepah kelapa sawit di perkebunan milik warga. Setelah mengumpulkan pelepah tersebut, pelepah dibawa untuk dijemur agar pelepah menjadi kering. Lalu, pelepah dibersihkan dari lumut dan dipotong sesuai ukuran tinggi tempat sampah yang diinginkan. Tiba saatnya merangkai pelepah menjadi tempat sampah. Bagian terakhir pengecatan tempat sampah dan pemberian asal tempat sampah, tutur salah satu mahasiswa kukerta Desa Rambah Tengah Hilir. 

Setelah selesai, tempat sampah dibagikan kepada warga untuk digunakan oleh warga desa. Pembuatan tempat sampah ini dilakukan bersama dengan warga sekitar dengan harapan warga bisa mengembangkan dan dapat memanfaatkan barang yang tidak berguna menjadi barang yang bermanfaat untuk orang banyak. 

“Kami berharap tempat sampah ini dapat digunakan sebaik mungkin dan dapat membantu untuk mengurangi banyaknya sampah yang dibuang sembarangan”, tutur Muhammad Ilham selaku Ketua Tim Mahasiswa KUKERTA UNRI 2019 Desa Rambah Tengah Hilir. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index