Bengkres akan Pentaskan Tengku Sulung (Panglima Besar Reteh) di Taman Budaya Yogyakarta.

Bengkres akan Pentaskan Tengku Sulung (Panglima Besar Reteh) di Taman Budaya Yogyakarta.

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Bengkel Kreasi (Bengkres) Production akan Pentas tunggal di Taman Budaya Jogjakarta pada 4-5 November 2019 mendatang. Naskah yang akan dipentaskan berjudul Perlawanan Tengku Sulung yang akan disutradara oleh Ari Musapia.

Naskah ini menceritakan perjuangan Tengku Sulung melawan Belanda pada pemerintahan kerajaan Riau-Lingga, atau yang biasa kita kenal dengan gelar Panglima Besar Reteh.

Untuk diketahui kisah kepahlawanan Tengku Sulung sudah sangat dikenal khususnya di riau, bahkan pahlawan Inhil-Riau ini sudah pernah diajukan sebagai pahlawan nasional namun masih belum memenuhi syarat.

Ketua Bengkres mengatakan, penting mengangkat kembali tokoh pahlawan daerah dalam bentuk teater, karena bisa menjadi sarana transformasi nilai sejarah kepada generasi muda di Indragiri Hilir.

"Kitakan sanggar seni, dan kebudayaan, tentu perlu mengangkat cerita-cerita pahlawan inhil ke pentas seni khususnya teater. Seperti panglima Besar Reteh, ini adalah kebanggan kita. Kita generasi muda perlu mengambil nilai dan semangatnya " Ujar Roma Irama, S.Pi

Untuk diketahui, bengkres adalah organisasi yang aktif dibidang kesenian khususnya teater Sebelumnya pada tahun 2017 bengkres sukses mementaskan kisah sejarah di Tembilahan, Pekanbaru, dan Yogjakarta dengan naskah "Marhum Buantan" Yang menceritakan kisah kerajaan Siak Sri indra Pura. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index