Hati-hati! OJK Temukan 30 Usaha Gadai Swasta Ilegal, Ini Daftarnya

Hati-hati! OJK Temukan 30 Usaha Gadai Swasta Ilegal, Ini Daftarnya

RIAUSKY.COM - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini menangani kegiatan Gadai ilegal. Hal ini tercantum dalam ketentuan di POJK 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian yang mengatur bahwa seluruh kegiatan usaha pergadaian swasta diwajibkan untuk mendaftarkan diri kepada OJK dalam tenggat batas waktu 2 tahun sejak POJK tersebut terbit yaitu batas akhir Juli 2019.

Saat ini, berdasarkan informasi dan pengaduan yang diterima oleh Satgas Waspada Investasi, terdapat 30 kegiatan usaha gadai swasta dengan 57 outlet yang belum melakukan pendaftaran atau perizinan ke OJK namun telah melakukan kegiatan usaha sehingga kegiatan yang dilakukan dikategorikan ilegal. Kegiatan usaha gadai swasta tanpa izin OJK ini ditemukan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Atas informasi ini, Satgas Waspada Investasi telah melakukan pemanggilan terhadap 30 kegiatan usaha gadai swasta tersebut untuk menghentikan kegiatan usahanya karena tidak terdaftar dan berizin dari OJK.

Selain itu, Satgas Waspada Investasi juga meminta kepada masyarakat untuk tidak bertransaksi dengan usaha gadai swasta yang ilegal tersebut.

Berikut ini daftar pelaku usaha gadai swasta yang tidak melakukan proses izin di wilayah provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat :

1. Anugerah Mega Mandiri

2. BSC Cell

3. Gadai BPKB Jatimakmur

4. Gadai Cepat

5. Gadai Elektronik Jatinegara

6. Gadai HP

7. Gadai Kuning

8. Gadai Laptop

9. Gadai Merah

10. Gadai Nusantara

11. Gada Yuk!

12. gadaibarang.com

13. HTB Gadai

14. Pusat Gadai Cikaret

15. Gadai Dot Cell

16. R3 Solusi

17. Raja Cell

18. Raja Gadai Mahkota

19. Ricco Cell

20. Rumah Gadai Pinang

21. Satu Celluler

22. Sara Cell

23. Three J

24. Toko HP WONDERPHONE

25. Toko Mas ABC

26. Toko Mas Buana

27. Toko Mas Enam

28. Toko Mas Eropa

29. Toko Mas Jelita

30. Toko Mas Senang Hati. (R02)

Sumber: Akurat.co

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index