Cetak Generasi Cerdas Melalui Pekan Raya Biologi 2020

Cetak Generasi Cerdas Melalui Pekan Raya Biologi 2020

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pembangunan pendidikan Indonesia selalu dikembangkan oleh pemerintah melalui pergantian kurikulum Setiap tahun tenaga pendidik dan pengajar selalu dituntut untuk melahirkan inovasi pendidikan yang terbaru. 

Sebagai calon guru yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa, para mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau senantiasa untuk meningkatkan budaya berprestasi. 

Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter saintis dan mampu mengasah soft skill yang dimiliki melalui cabang-cabang perlombaan.

Untuk itu, setelah sukses dengan PRB 2019 lalu, Pekan Raya Biologi (PRB) hadir kembali untuk para generasi cerdas Indonesia yang siap berlomba dan mengasah kemampuan di ajang bergengsi ini.

PRB merupakan metamorfosis dari Olimpiade Sains Biologi (OSB) SMP-SMA se-Riau yang secara rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR setiap tahunnya. Ajang ini menguji kemampuan akademik siswa SMP-SMA dalam bidang biologi. 

Dalam perkembangannya, Pekan Raya Biologi juga menampilkan karya kreatif siswa dalam berbagai bidang terkait dengan biologi.

Agenda yang mencakup tiga provinsi ini menyajikan serangkaian perlombaan, seperti: Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP-SMA); Fotografi tingkat SMA dan Mahasiswa; serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat mahasiswa se-Indonesia.

PRB 2019 lalu melahirkan juara di tiap lomba yang diberikan. SMP Dharma Yuda Pekanbaru meraih juara umum untuk tingkat SMP, sedang juara umum di tingkat SMA diraih oleh MAN 1 Pekanbaru. Tahun lalu lebih dari 1000 peserta antusias mengikuti ajang perlombaan pada PRB 2019.

Pekan Raya Biologi akan berlangsung pada akhir Januari 2020 mendatang yang mencakup peserta tingkat SMP dan SMA se-Riau, Kepulauan Riau dan Sumatra Barat serta mahasiswa seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti Gedung Aula Serba Guna, ruang kelas, dan ruangan Micro Teaching.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd menuturkan bahwa pendidikan merupakan unsur paling esensial dalam kehidupan, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas dan inovasi untuk terus mengembangkannya agar mampu mencapai tujuan dari pembangunan Indonesia berkelanjutan.
Para panitia sedang menyusun serta mengoptimalkan cangkupan perlombaan yang lebih luas dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Setiap tahun kita selalu upayakan sesuatu yang baru, kita ingin cangkup PRB ini bisa sampai nasional,” harap Rehan Fadillah selaku ketua PRB 2020. 

Rehan juga menuturkan bahwa saat ini seluruh panitia tengah mempersiapkan secara penuh konsep acara yang akan digunakan untuk PRB 2020 nanti.

“Kita ingin berikan yang terbaik, karena ini juga membawa nama kampus khususnya Program Studi Pendidikan Biologi,” ujar Rehan. 

Stand pendaftaran untuk PRB 2020 akan segera dibuka bulan September nanti. Rehan berharap tahun ini antusias dari peserta jauh lebih besar daripada tahun lalu.

Akan banyak ilmu yang kamu dapatkan di Pekan Raya Biologi 2020. Ayo persiapkan dirimu untuk Januari mendatang! Buktikan bahwa kamu adalah generasi emas Indonesia! (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index