Peduli Kabut Asap, Bupati Sukiman Bersama Kapolres dan PMI Rohul Bagi Masker Gratis ke Pengendara

Peduli Kabut Asap, Bupati Sukiman Bersama Kapolres dan PMI Rohul Bagi Masker Gratis ke Pengendara

PASIR PANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang kini diselimuti kabut asap tebal, diduga asap kiriman dari kabupaten tetangga akibat Kebakaran Lahan dan hutan (Karlahut), Pemkab Rohul bersama Polres dan Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul, Jumat (13/9/2019) sore, bagikan masker gratis.

Masker gratis dibagikan Bupati Sukiman, Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi, Ketua PMI Cabang Rohul Hj Peni Herawati, Wakapolres Rohul Kompol Willy dan Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, ke masyarakat maupun pengendara kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Diponegoro depan kantor PMI Cabang Rohul.

Bupati Sukiman, Kapolres, Ketua PMI, Wakapolres dan pejabat lainnya, bagikan dan memasangkan masker ke pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas. Pembagian masker gratis secara bersama-sama sebagai bentuk bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Lalulintas Byangkara ke 64 tingkat Kabupaten Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman mengaku, kabut asap yang menyelimuti wilayah 16 kecamatans se-Rohul, merupakan kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga. Karena untuk sementara ini, Kabupaten Rohul tidak ditemukan adanya titik api.

Namun begitu, Kabupaten Rohul tidak ada titik api, namun pemerintah daerah bersama Polri, TNI dan masyarakat peduli api di 16 kecamatan se Rohul tetap melakukan pencegahan secara dini, agat wilayah Rohul tidak terjadi Karhutla yang dapat memberikan dampak timbulnya kabut asap.

"Kabut asap yang kini selimuti wRohul, merupakan asap kiriman. Upaya pemerintah daerah bersama Polri dan TNI tetap mencegah terjadinya Karlahut, mesti saat ini tidak ada titik api, tapi masyarakat harus waspada, bagi yang membuka ladang atau kebun tidak dengan cara membakar," ujarnya.

"Pemerintah Kabupaten Rohul sudah bagikan 35 ribu masker gratis.ke masyarakat, melalui 21 Puskesmas dan BPBD Rohul,. Itu sebagai upaya mencegah masyarakat terkena dampak penyakit dari kabut asap," ucapnya.

Bupati juga mengaku, kondisi kabut asap tebal yang menyelimuti wilayah Rohul, kini pemerintah Kabupaten Rohul dan Pemerintah Provinsi Riau sudah menginstruksikan seluruh aktifitas belajar mengajar di tingkat Paud, TK, SD, dan SLTP termasuk SLTA se- Rohul, untuk sementara diliburkan sejak 10-14 September mendatang. (ADV Pemda Rokan Hulu)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index