BPOM Riau Adakan Forum Konsultasi Pelayanan Publik

BPOM Riau Adakan Forum Konsultasi Pelayanan Publik

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau mengadakan forum konsultasi pelayanan publik dengan tema menuju pelayanan prima, yang berlangsung di Gedung BPOM Pekanbaru.

Forum diskusi ini bertujuan untuk penyederhanaan flowchart dan standar operasional untuk lebih mempermudah masyarakat dalam pelayanan perizinan BPOM, yang  turut dihadiri oleh pengusaha lokal Pekanbaru.

Kepala Bidang Informasi dan Pelayanan Konsumen BPOM Pekanbaru, Amrizal, menjelaskan bahwa selain untuk mempermudah izin, acara tersebut juga untuk memberikan edukatif kepada masyarakat tentang sistematika pelayanan di BPOM.

"Masyarakat akan paham bagaimana proses dan alurnya, tanpa harus dianggap ribet dan rumit. Jadi para pengusaha yang hadir bisa dengan mudah mengurus izin BPOM," katanya, Selasa (17/9).

Lebih lanjut ia menyampaikan, pentingnya izin BPOM ini sebagai kontrol perizinan bahan obat dan makanan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Ujarnya,  pemerintah bertanggung jawab atas produk yang beredar dipasaran sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat. 

"Izin edar menandakan pemerintah sudah menjamin izin, kebersihan, keamanan dan manfaat produk tersebut," terangnya.

Amrizal menambahkan, untuk mengetahui produk yang sudah ada label BPOMnya bisa dilihat di kode BPOM pada bungkus kemasan.

Ia juga menyarankan kepada pengusaha segera mengurus izin BPOM usahanya, untuk diuji layak atau tidaknya beredar di pasaran.

"Kalau tidak ada izin edarnya sebuat produk bisa dipidanakan jadi jangan main-main. Selain itu, kalau sudah ada izin BPOM-nya masyarakat bisa dengan aman mengkonsumsinya," tutupnya. (R05/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index