Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan Diatas Beri Layanan Kesehatan Gratis

Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan Diatas Beri Layanan Kesehatan Gratis

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dompet Dhuafa Riau bersama Komunitas Tangan Diatas (TDA) memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat terdampak kabut Asap. Layanan kesehatan berupa pengobatan medis ini dilakukan di kelurahan Melebung Kec. Tenayan Raya Kota Pekanbaru akhir pekan lalu.

Masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Karena selain kesehatan yang mulai terganggu karena dampak kabut asap, kegiatan ini juga memudahkan masyarakat bisa langsung berobat karena lokasi mereka yang jauh dari pusat kota Pekanbaru, sehingga untuk berobat harus jauh sekali. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lurah Melebung Bapak Iin Sarudin saat diwawancara media. 

"Kami sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan Diatas. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga kami. Karena lokasi kami yang sangat jauh dari kota Pekanbaru, membuat kami agak sulit mendapatkan layanan kesehatan, apalagi saat kabut asap seperti ini, tak sanggup warga untuk pergi jauh-jauh berobat, hari ini (read : kemaren) warga bisa langsung berobat tak jauh dari tempat tinggal mereka, tuturnya. 

Kabut Asap yang terjadi saat ini, membuat banyak warga terdampak ISPA atau insfeksi saluran pernapasan akut. Hal ini membuat komunitas tangan diatas (TDA) turut prihatin dan segera memberikan bantuan. 

Rini Shabrina ketua komunitas TDA mengungkapkan, ini adalah bentuk sosial yang kami lakukan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa Riau. Kami ingin berbagi rezeki yang kami miliki untuk membantu warga yang terdampak kabut asap di Riau. Kami berharap ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, ujarnya.

Komunitas yang terdiri dari para pengusaha ini juga turut andil turun kelapangan dengan membagikan masker, oxycan, dan makanan sehat. Lanjutnya.

Dikesempatan lain, Ali Bastoni selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau saat diwawancarai, mengatakan bahwa layanan pengobatan gratis ini akan terus dilakukan di beberapa titik di kota Pekanbaru dan beberapa Kab/kota lainnya. Mengingat dampak kabut asap yang sangat meluas. Dengan adanya pelayanan pengobatan gratis ini, masyarakat yang mengalami sakit karena kabut asap ini, segera bisa diberikan pengobatan. 

Lebih lanjut ia mengatakan, jika pada saat pengobatan gratis ini ditemukan warga untuk mendapatkan perawatan intensif, maka Dompet Dhuafa Riau akan merujuknya kerumah sakit Lancang Kuning Dompet Dhuafa di Jalan Ronggowarsito Ujung Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tersebut melayani pasien orang dewasa sebanyak 93 Orang dan Pasien anak-anak sebanyak 32 Orang.

Aksi layanan kesehatan berupa pengobatan gratis tidak hanya dilakukan di kelurahan Melebung Kec. Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Hari minggu ini (22/9), tim Dompet Dhuafa Riau juga melakukan aksi pengobatan gratis di jalan karya bakti (Rusunawa eks lokalisasi) Kel. bambu kuning Kec. Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Namun tidak hanya pengobatan gratis dibeberapa titik saja, Dompet Dhuafa Riau juga memiliki Safe House (Rumah Aman) Di kantor Graha Zakat Dompet Dhuafa Jalan Arifin Ahmad Ujung Pekanbaru untuk warga yang ingin mengungsi akibat kabut asap. (R06/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index