Penuhi Panggilan Bareskrim Soal Karhutla, Bupati Pelalawan: Hanya Memberikan Klarifikasi, Izin Lahan Bukan dari Saya...

Penuhi Panggilan Bareskrim Soal Karhutla, Bupati Pelalawan: Hanya Memberikan Klarifikasi, Izin Lahan Bukan dari Saya...
HM Harris

RIAUSKY.COM - Bupati Pelalawan HM Harrris memenuhi panggilan Direktur Tindak Pidan tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran. 

Dia diperiksa terkait maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Harrris tiba di Bareskrim pukul 09.15 WIB. Dia enggan berkomentar banyak soal pemeriksaannya.

“Saya hanya memberikan klarifikasi. Selama ini pembukaan izin lahan bukan dari saya tapi dari LHK (Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Harris langusung masuk ke gedung Awaluddin Djamin, Bareskrim, Kamis (3/10).

Sebelumnya, Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran mengatakan, alasan pemanggilan karena titik terparah Karhutla paling banyak di Pelalawan. Bahkan Presiden Joko Widodo sudah 2 kali berkunjung ke lokasi tersebut.

“Hotspotnya banyak. Presiden hampir 2 kali ke situ datang. Titik apinya banyak, yang parah di situ,” ujar Fadil seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Penyidik Bareskrim akan bertanya soal izin membuka lahan kepada Bupati Pelalawan, termasuk proses pengawasan terhadap perusahaan yang tak memiliki pencegahan kebakaran lahan.

Menurut Fadil, pemda juga memiliki kewajiban untuk mengawasi pembukaan lahan di wilayahnya. Sinergitas pemda dan pemerintah pusat sangat diperlukan.

“Kepala daerah kita dorong pro aktif, bahwa ada kewajiban pendataan. Ini yang mungkin ruang ini kurang dapat porsi,” ungkapnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index