Pilkada Sembilan Daerah di Riau Tahun 2020 Sedot Rp257,7 Miliar Anggaran

Pilkada Sembilan Daerah di Riau Tahun 2020 Sedot Rp257,7 Miliar Anggaran
ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Riau 2020, total dana Pilkada Serentak 2020 di Riau capai 257.7 miliar untuk sembilan daerah.

Pilkada sembilan kabupaten dan kota di Riau tentunya butuh anggaran yang besar untuk menyelenggarakan pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah tersebut.

Saat ini hampir semua Kabupaten dan Kota yang ikut Pilkada terkecuali Inhu sudah tandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Sebagaimana diketahui dana Pilkada sendiri dianggarkan melalui hibah dari Pemerintah Kabupaten dan Kota yang menggelar Pilkada tersebut.

Untuk besaran anggaran Pilkada Serentak 2020 yang telah menandatangani NPHD adalah sebagai berikut KPU Kabupaten Rokan Hilir Rp32,3 miliar, KPU Kabupaten Bengkalis Rp 40 miliar, KPU Kota Dumai Rp18 miliar, KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Rp22,1 miliar.

KPU Kabupaten Pelalawan Rp29,9 miliar, KPU Kab. Siak Rp26,4 miliar, dan KPU Kabupaten Rohul Rp28,5 miliar, KPU Kuansing Rp29,4 Miliar dan Inhu meskipun belum ditandatangani NPHD namun akan diajukan Rp31,1 Miliar.

"Sampai saat ini hanya tinggal Inhu yang belum tandatangan NPHD, tapi sudah ada kesepakatan sebelum 14 Oktober sudah dilakukan tandatangan NPHD nya," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto dilansir dari  tribunpelanbaru.

Nugroho Noto Susanto juga menambahkan kenapa setiap daerah berbeda anggarannya, karena anggaran tersebut berdasarkan kajian untuk kebutuhan dimana masing-masing daerah medannya berbeda.

"Seperti untuk Bengkalis itu kebutuhannya lebih besar dari daerah lain, ini disebabkan ada akses yang sulit dan daerahnya juga luas," ujar Nugroho.

Dengan sudah adanya kesepakatan pemkab dengan penyelenggara serta pengawas di kementerian dalam negeri lalu soal penganggaran untuk Pilkada Inhu, maka dapat dipastikan persoalan penganggaran pilkada tidak ada masalah lagi.

"Mudah-mudahan saja secepatnya ditandatangani NPHD untuk Inhu dan tuntas semuanya soal anggaran," ujar Nugroho.(R03)


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index