Wapres JK Ungkap Kenapa Barang 'Made in China' Banjiri Indonesia

Wapres JK Ungkap Kenapa Barang 'Made in China' Banjiri Indonesia
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menghadiri dialog bersama 100 ekonom di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (17/10/2019) (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)

RIAUSKY.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menjadi pembicara kunci dalam sebuah dialog bersama dengan 100 ekonom di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (17/10/2019). 

Dalam kesempatan itu, JK membeberkan kenapa barang impor bisa banjiri Indonesia.

Menurut JK, perang dagang menjadi permasalah utama. Barang dari China yang masuk AS terkendala tarif sehingga masuk pasar dalam negeri.

"Tahun ini terjadi perang dagang. Perang dagang efeknya muncul barang-barang buatan China. Produk China akan terjadi over (berlebih) maka akan menjual ke negara lain termasuk Indonesia," jelasnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Salah satu yang menerjang Indonesia, menurut JK, adalah impor tekstil. Nah, khusus untuk impor tekstil, telah menyebabkan pabrik di Jawa Barat dan sekitarnya mengalami benturan dan masalah.

Bahkan, lanjut politikus senior Partai Golongan Karya itu, barang buatan China lainnya sudah ada di mana-mana.

"Saya check up di rumah sakit, lihat alkohol, obat semua buatan dari China. Kalau tidak Vietnam. Dan hanya sesekali Indonesia. Tidak seimbang daya saingnya," kata JK. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index