Tak Jadi Hari Ini, Menteri Jokowi Diumumkan Hari Rabu Lusa, Apa Maknanya Menurut Penanggalan Jawa?

Tak Jadi Hari Ini, Menteri Jokowi Diumumkan Hari Rabu Lusa, Apa Maknanya Menurut Penanggalan Jawa?
Jokowi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan nama-nama menterinya pada hari Rabu. Ini bukan kali pertama Jokowi mengumumkan menteri baru di hari Rabu, apakah ada makna tersendiri?

Soal pengumuman nama menteri pada besok Rabu (23/10), diungkapkan langsung oleh Mahfud MD yang sudah diminta jadi menteri. 

"Yang kalau tidak berubah akan dilantik besok lusa hari rabu. Pagi sudah berkumpul di sini," kata Mahfud Md saat keluar dari Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

Nah ngomong-ngomong soal hari Rabu, Jokowi sering mengambil keputusan penting di hari Rabu. Jokowi juga dikenal sebagai orang yang menyukai simbol-simbol Jawa. Apakah hari Rabu pekan ini bermakna baik bagi Jokowi?

Dikutip dari detik.com, dalam penanggalan Jawa, Rabu, 23 Oktober 2019 jatuh pada Rabu Legi dengan Wuku Prangbakat. Selain itu, menurut anggapan budaya Jawa, Rabu juga dikenal sebagai hari baik.

Hari Rabu juga kerap dianggap sebagai 'waktu sakral' Jokowi ketika merombak susunan kabinetnya. Untuk diketahui, Jokowi pernah melakukan Reshuflle Kabinet Kerja Jilid II pada 27 Juli 2016 atau Rabu Pon. Jokowi sendiri juga diketahui lahir pada hari Rabu Pon, yakni 21 Juni 1961.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa tokoh yang dipanggil oleh Jokowi ke Istana Negara untuk menjadi menteri. Selain Mahfud MD, ada nama CEO Gojek, Nadiem Makarim, eks CEO NetTV Wishnutama, eks TKN Erick Thohir dan Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Tetty Paruntu. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index