Bangun Sinergi, Gubernur Riau Silaturahmi dengan Anggota DPR RI asal Riau

Bangun Sinergi, Gubernur Riau Silaturahmi dengan  Anggota DPR RI asal Riau
Gubernur Riau bertemu legislator asal Riau di Jakarta.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau H Syamsuar melakukan pertemuan terbatas dengan legislator Riau yang duduk di DPR RI Senin (21/10/2019)

Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam upaya membangun sinergi serta meminta dukungan dari para legislator yang kini menjadi wakil masyarakat Riau di DPR RI.

Tampak hadir legislator asal Riau diantaranya, H Syamsurizal, H Achmad, Abdul Wahid, Syahrul Aidi, Efendi Sianipar dan beberapa lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan beberapa persoalan terkait upaya untuk melakukan percepatan pembangunan untuk kegiatan yang bisa disinergikan dengan kebijakan pemerintah pusat. 

Ada banyak hal yang disampaikan oleh Gubernur, diantaranya perihal percepatan pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Sumbar, Pekanbaru - Dumai, pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk daerah terluar yang diplaning di Pulau Rupat, perluasan bandara Pinang Kampai Dumai dan dukungan pembangunan Roro Dumai-Malaka juga penanganan aberasi pantai yang kian mengkhawatirkan.

Selain kegiatan yang berkaitan dengan infrastruktur, Gubernur Syamsuar juga membahas beberapa program diantaranya meminta dukungan pemerintah pusat guna replanting perkebunan kelapa sawit masyarakat.

Syamsuar menyebutkan, sejumlah kegiatan tersebut merupakan program pemerintah Joko Widodo yang perlu dikomunikasikan dan disinergikan dengan jajaran pemerintah di pusat dan diajukan melalui program di DPR RI. 

Syamsuar juga meminta dukungan dari para legislator Riau untuk mendukung upaya peningkatan penerimaan dari sektor kelapa sawit dan dukungan dalam bentuk fisik lainnya.

Gubernur Syamsuar mengungkapkan, tanpa dukungan dari para wakil rakyat di DPR RI, akan berat untuk bisa mendapatkan porsi yang lebih besar melalui APBN dalam upaya mengejar ketertinggalan pembangunan daerah. 

''Kita ingin wakil kita di pusat dan daerah kompak dalam mensejahterakan masyarakat,'' ungkap Syamsuar yang disambut hangat pada wakil rakyat di DPR RI. 

Syamsurizal, anggota DPR RI asal PPP dapil Bengkalis, Dumai dan kepulauan Meranti menyambut positif harapan Gubernur Riau untuk sinergi ini.

Mantan Bupati Bengkalis dua periode itu pun menyarankan ada badan secara administrasi yang menjadi penghubung antar daerah dan pusat yang juga mempunyai tugas mengawal progres yang telah dibuat terhadap usulan yang disampaikan.

Begitupun dengan mantan bupati Rokan Hulu, Achmad yang juga legislator asal Demokrat. 

Achmad berharap komitmen ini tidak hanya sebatas pertemuan dengan Gubernur, namun juga wali kota, bupati juga jajaran OPD.''Bila pak Gubernur sudah sejauh ini, tentunya kita berharap jajaran di bawah juga bisa menterjemahkannya dengan membangun sinergi dan percepatan,'' ungkap Achmad. 

Sementara itu, legislator, Abdul Wahid mengusulkan  pelabuhan yang ada di rupat utara juga difungsikan selain pelabuhan Roro Dumai Melaka.

Dia berharap kajian yang telah dilakukan  terkait lokasi bandara baru dikaji kembali dan koordinasi lebih rutin dilaksanakan.

Adapun Syahrul Aidi , legislator asal PKS menyebutkan,yakin apa yang dicita-citakan bisa dilaksanakan bila dilakukan  bersama.  
Syahrul bahkan lebih jauh berharap seluruh desa-desa di Riau bisa terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi  dan fasilitas layanan kesehatan. (CR1)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index