3 Metode Melunasi Tagihan PLN yang Semakin Mudah dan Menguntungkan

3 Metode Melunasi Tagihan PLN yang Semakin Mudah dan Menguntungkan

RIAUSKY.COM - Bayar tagihan PLN ataupun pembelian token prabayar PLN semakin mudah dan bahkan menguntungkan bagi para pelanggan. Para pelanggan tidak hanya bisa membayar tagihan PLN pascabayar dan membeli token PLN prabayar secara offline, tetapi sekarang juga bisa dilakukan melalui online. Internet banking dan mobile banking menjadi metode paling mudah karena sistem bank yang terintegrasi dengan PLN lebih dapat dipercaya.

Akan tetapi, sekarang ini para pelanggan tidak hanya dimudahkan membayar tagihan PLN dan tagihan lainnya, tetapi para pelanggan juga bahkan diuntungkan jika membayar tagihan-tagihan tersebut melalui beberapa aplikasi online. Para pelanggan bisa cek dan bayar tagihan listrik PLN sekarang atau bahkan nanti. Berikut adalah beberapa metode yang biasa digunakan pelanggan untuk membayar tagihan PLN atau membeli token PLN prabayar.

1. Secara offline

Di zaman serba online saat ini rasanya aneh jika masih ada yang membayar tagihan PLN secara offline. Namun, generasi terdahulu sering merasa cemas terjadi kesalahan sistem sehingga membuat mereka lebih suka melakukan pembayaran secara offline melalui kantor pos, bank, dan minimarket. Padahal, pihak kantor pos, bank, dan minimarket sendiri sebenarnya melakukan transaksi tersebut pun sebenarnya secara online.

Tapi, jangan salah, generasi milenial saat ini pun masih tetap senang melunasi tagihan PLN secara offline terutama dilakukan di minimarket. Apa alasannya? Pertama, para pelanggan bisa melunasi berbagai macam tagihan sekaligus sambil berbelanja di minimarket. Kedua, tidak semua orang di generasi saat ini mau repot belajar melakukan pembayaran sendiri secara online terlebih jika orang tersebut sering ceroboh melakukan transaksi keuangan secara online yang agak berisiko.

Dengan beberapa alasan tersebut, pembayaran tagihan PLN secara offline oleh pelanggan masih cukup diminati terlebih setelah menjamurnya minimarket di berbagai wilayah.

2. Lewat Jasa E-commerce

Jika di dunia nyata para pelanggan bisa berbelanja dan membayar tagihan PLN di minimarket, di dunia maya para pelanggan juga bisa berbelanja sekaligus membayar tagihan PLN. Ada banyak E-commerce yang menawarkan kemudahan membayar berbagai tagihan dalam sekali bayar. Lalu apa bedanya dengan membayar tagihan PLN melalui internet banking atau mobile banking?

Beberapa E-commerce raksasa seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak memberikan layanan bayar tagihan maupun topup. Membayar tagihan di berbagai E-commerce ini seharusnya menjadi hal merepotkan karena pelanggan harus melakukannya dalam dua tahap, yaitu pertama melakukan transaksi lalu tahap selanjutnya mentransfer sejumlah uang sesuai jumlah tagihan. Bukankah itu merepotkan? Padahal pelanggan bisa saja melakukannya dalam satu kali tahap, yaitu langsung membayar tagihan melalui bank, ATM, internet banking, atau mobile banking.

Hal ini tentunya sudah diprediksi oleh pihak E-commerce. Mereka pun mengiming-imingi pelanggan dengan cashback yang bisa dipakai untuk berbelanja lagi di tempat mereka. Untuk menutupi kerugian yang mungkin terjadi karena program cashback, pihak E-commerce juga menawarkan cashback tambahan jika para pelanggan mau membayar tagihan PLN dan lainnya jika mengisi saldo dompet virtual mereka lalu membayar tagihan dengan saldo tersebut.

Hanya E-commerce yang diuntungkan dalam hal ini? Oh, tentu tidak, para pelanggan yang mau sedikit bersusah payah bisa menikmati cashback yang besarannya cukup untuk dipakai berbelanja barang kebutuhan di E-commerce tersebut.

3. Lunasi Sekarang Bayar Nanti

Uang belum ada untuk membayar tagihan PLN dan tagihan lainnya, tapi harus segera dibayar karena alasan tertentu? Bagaimana kalau melunasi sekarang bayarnya nanti? Para pelanggan tidak harus memiliki kartu kredit untuk melakukan metode pelunasan tagihan seperti ini.

Saat ini, sedang populer metode pembayaran PayLater yang diperkenalkan oleh beberapa aplikasi online populer, yaitu Traveloka, Gojek, OVO, Shopee, dan Kredivo. Jika pengguna telah memenuhi persyaratan yang diajukan untuk menggunakan layanan ini, membayar tagihan PLN bisa dilakukan secepat mungkin dan dibayar nanti.

Akan tetapi, metode ini sebaiknya dipakai jika keadaan benar-benar mendesak saja. Denda tagihan PLN yang telat dibayar bisa jadi lebih kecil besarnya dibanding jika harus membayar bunga dari metode PayLater ini.

Sekarang membayar tagihan PLN maupun membeli token PLN prabayar semakin mudah dan menguntungkan dengan ketiga metode di atas. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index