Polda Riau Siapkan Teknologi 'Dashboard' Lancang Kuning Atasi Karhutla

Selasa,29 Oktober 2019 | 18:52:04 WIB
Polda Riau Siapkan Teknologi 'Dashboard' Lancang Kuning Atasi Karhutla
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau  Polda Riau terus berupaya berinovasi dalam mengatasi Karhutla dengan teknologi Dashboard Lancang kuning.

Hal tersebut dikatakan Satgas Penegakan Hukum Polda Riau M Harahap dalam  rapat evaluasi akhir penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) Provinsi Riau di Posko Penanggulangan Karhutla Riau, Komplek Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (29/10/2019). 

"Fokus dari bapak Kapolda Riau yakni mengatasi kasus yang terus berulang ulang terjadi dengan bersinergi dengan semua pihak baik dari jajaran Polda Riau, Kapolres dan semua pihak untuk mengatasi bagaimana cara mengatasu Karhutla agar tidak terjadi lagi, yakni dengan inovasi teknologi dengan nama Dashboar Lancang kuning,"ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa teknologi ini adalah untuk digunakan semua pihak dalam mengatasi Karhutla yakni dengan mengetahui kondisi di lapangan melalui satelit dengan titik koordinat.

"Laporan awalnya kita infokan ke kapolres dan anggotanya dimana lokasi titik apinya. Setelah itu mereka bergerak lalu mengirimkan laporan bersama foto kegiatan. Dari satelit kita bisa ketahui posisi, apakah betul di lapangan atau tidak, sehingga titik api yang kecil bisa segera kita atasi dan tidak meluas,"terangnya.

"Dasboard lanjang kuning ini akan dikelola bersama dengan mengumpulkan data data yang ada dari desa desa yang rawan hingga Satgas yang ada jadi jangan kaget besok tiba tiba pak Kapolda telfon untuk meninjau lokasi dan mengirimkan laporan, semua itu dilakukan untuk mencegah terjadinya Karhutla di Wilayah kita sehingga kita semua memiliki peran serta dalam mencegah terjadinya Karhutla di Provinsi Riau,"tutupnya. (R07/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS