Soal Rangkulannya dengan Presiden PKS, Surya Paloh: Rangkulan Saja Dicurigai, Bangsa Model Apa Ini?

Soal Rangkulannya dengan Presiden PKS, Surya Paloh: Rangkulan Saja Dicurigai, Bangsa Model Apa Ini?
Surya Paloh berangkulan dengan Sohibul Iman (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

RIAUSKY.COM - Rangkulan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman sempat disindir Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kini, Surya Paloh berbicara soal 'rangkulan' dari mimbar Kongres ke-II Partai NasDem.

"Tingkat diskursus politik yang paling picisan di negeri ini, hubungan, rangkulan, tali silaturahmi, dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," kata Surya Paloh di arena Kongres, JI Expo, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Tepuk tangan membahana. Paloh menjelaskan, bangsa Indonesia sudah lelah dengan segala intrik yang mengundang sinisme satu sama lain. Bangsa ini juga sudah lelah dengan kecurigaan satu sama lain.

"Sehingga ketika kita berkunjung pun ke kawan, mengundang kecurigaan. Ini bangsa model apa seperti ini?" ujar Paloh dengan gaya bertanya-tanya. Tepuk tangan kembali membahana.

Dia mengkritik praktik demokrasi di Indonesia. Belakangan, Indonesia dilihatnya ingin bergaya demokrasi liberal tapi praktiknya begitu ortodoks dan konservatif.

"Ada paradoks di sini. Kita bilang kita mau maju tapi kita melangkah ke belakang. Kita bilang, 'Mari kita bermusyawarah bergotong royong', tapi kita hanya bilang, 'Aku aja yang penting yang lain biar mati semuanya.' Semuanya penuh dengan kecurigaan, maka kita semakin menjauhi dengan nilai yang namanya Pancasila" kata Paloh seperti dikutip dari Detikcom. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman beberapa hari lalu. 

Saat memberikan sambutan dalam acara HUT ke-55 Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11), Jokowi menyebut wajah Surya Paloh lebih cerah setelah pertemuan tersebut.

"Bapak Surya Paloh yang kalau kita lihat malam hari ini beliau lebih cerah dari biasanya, sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS," kata Jokowi.

Menurut dia, wajah cerah Surya Paloh terlihat setelah ia berangkulan dengan Sohibul Iman. Meski mengaku tak mengetahui makna dari pertemuan tersebut, Jokowi menilai rangkulan keduanya tak seperti rangkulan biasanya.

"Saya tidak tahu maknanya apa, tetapi rangkulannya tidak seperti biasanya.
Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman," ujar Jokowi.

Ia pun mengaku sempat menanyakan pertemuan tersebut kepada Surya Paloh saat bertemu di ruang tunggu. Namun, Surya Paloh enggan menjawabnya.

"Tadi di holding saya tanyakan, ada apa? Tapi nanti jawabnya di lain waktu dijawab. Saya boleh bertanya dong, karena beliau masih di koalisi pemerintah," ujar Jokowi. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index