Soal Surya Paloh Sindir Partai Pancasilais tapi Sinis, PDIP Membalas: Terlalu Emosional...

Soal Surya Paloh Sindir Partai Pancasilais tapi Sinis, PDIP Membalas: Terlalu Emosional...
Andreas Hugo Pareira

RIAUSKY.COM - Ketua Umum NasDem Surya Paloh curhat tentang ada pihak yang mencurigai makna di balik rangkulan eratnya ke Presiden PKS Sohibul Iman dan mengaitkannya dengan nilai-nilai Pancasila. 

Terkait hal itu, politikus PDIP Andreas Hugo Pareira menilai ucapan Paloh terlalu emosional.

"Ini berawal dari 'sindiran' Pak Jokowi soal kemesraan pelukan antara Pak SP (Surya Paloh) Ketum Nasdem dan SI (Sohibul Iman), Ketum PKS yang mungkin lebih pada ekspresi kedekatan perkawanan antar-elite yang kemudian ditafsirkan berbagai pihak dengan berbagai interpretasi, terutama mengarah ke 2024. Reaksi SP terhadap sindiran Presiden pun menurut saya terlalu emosional, membawa diskursus seolah persoalan 'pelukan' ini masuk dalam wilayah ideologis partai-partai pendukung Jokowi-Ma'ruf," ujar Andreas kepada wartawan, Sabtu (9/11/2019).

Dia mengatakan pihak yang mengomentari rangkulan antara Paloh dan Sohibul adalah Jokowi dalam kapasitas sebagai Presiden. 

Menurut Andreas, Jokowi berharap usai pembentukan kabinet partai pendukungnya tetap solid meski ada yang menganggap komposisi kabinet tak sesuai harapan.

"Rangkulan SP dan SI adalah Jokowi yang dalam kapasitasnya sebagai Presiden tentunya berharap banyak, setelah pembentukan kabinet, meskipun tentu tidak memenuhi harapan semua partai pendukung, tetapi pemerintahan tetap solid. Sehingga, meskipun hubungan antar-elite partai dinamis tetapi soliditas koalisi tetap terjaga," ucapnya.

Andreas juga menyebut tak ada satu partai pun yang menilai rangkulan dari Paloh ke Sohibul bermakna ideologi. Dia memastikan semua partai tahu dinamika antar-elite parpol saat ini merupakan pertemanan.

"Membangun pertemanan sebagai basis kesepahaman kerja sama politik. Sehingga menurut saya, tuduhan SP soal partai Pancasilais pun menjadi terlalu emosional dan sama sekali tidak bermakna ideologis," tuturnya.

Sebelumnya, bicara soal kecurigaan pihak tertentu terkait rangkulan politik. Kecurigaan tersebut Paloh kaitkan dengan Pancasila.

"Semua penuh dengan kecurigaan maka kita semakin menjauhi nilai-nilai yang namanya Pancasila. Pancasila sebagai pegangan kita," kata Paloh, saat sambutan Kongres II Partai NasDem, di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Paloh mengatakan meski Indonesia menganut nilai Pancasila, namun ada partai yang mengaku-ngaku paling Pancasilais dan nasionalis. Dia meminta partai tersebut membuktikan ke-Pancasilais-an partai tersebut kepada rakyat.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ah yang pasti itu bukan Pancasilais itu," sindirnya. (R02)

Sumber: Detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index