Usai Heboh Rencana Ahok Jadi Bos Pertamina, Kini Erick Thohir Siapkan Calon Bos PLN, Siapa?

Usai Heboh Rencana Ahok Jadi Bos Pertamina, Kini Erick Thohir Siapkan Calon Bos PLN, Siapa?
Menteri BUMN Erick Thohir

RIAUSKY.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dikabarkan sedang menjaring beberapa nama untuk mengisi posisi direktur utama di PT PLN (Persero).

Dikutip dari CNBC Indonesia, sampai saat ini kementerian masih mengutak-atik formulasi direksi dan struktur kepimpinan di tubuh PLN. Targetnya, nama-nama dan struktur ini sudah bisa ditetapkan sebelum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan setrum negara yang dijadwalkan awal bulan depan.

Terkait sosok yang akan mengisi kursi panas di PLN, disebut-sebut di antaranya adalah mantan menteri dan ada juga mantan wakil menteri.

Kementerian BUMN belum mau membukanya saat dikonfirmasi. Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, hanya mengatakan jika sudah ada jadwal RUPS akan diumumkan ke publik untuk perombakan direksi BUMN. Termasuk PLN dan Pertamina.

"Jadwalnya pasti akan diumumkan," kata Arya saat dijumpai di Kementerian BUMN, Kamis (21/11/2019).

Sebelumnya, Arya memang mengatakan dua BUMN energi ini bakal menggelar RUPS dalam waktu dekat. Namun, Pertamina kemungkinan akan lebih dulu. Untuk PLN, Arya menjelaskan juga dalam waktu dekat meski belum ditentukan waktunya. "Pokoknya akhir tahun selesai semua yang 5 (BUMN)" jelasnya.

Nama yang dikabarkan masuk ke jajaran petinggi PLN di antaranya adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, lainnya yang belakangan cukup santer juga nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Meskipun Ahok lebih kuat dikabarkan duduk di Pertamina, namun dengan gencarnya isu penolakan, terdapat juga pertimbangan untuk menaruh Ahok di PLN. 

"Ya kita lihat itu banyak politisnya, dari pada apanya [...]. Tapi kan itu kalau di Pertamina. Kan Bisa di PLN. Kita bilang ya terima dulu dan lihat kinerjanya," ungkap Arya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index