Bupati Rohul Terima Penghargaan dari Pemprov Riau, MAIC Rohul Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit

Bupati Rohul Terima Penghargaan dari Pemprov Riau, MAIC Rohul Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemkab Rokan Hulu menerima penghargaan dari Pemprov Riau. Penghargaan bergengsi itu langsung diterima oleh Bupati Rohul H. Sukiman, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs Syamsuar M.Si, yang dipusatkan di Laman Bujang Mat Syam Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ, Jl. Jend Sudirman, Pekanbaru, Senin (2/12/2019). 

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk daerah dalam pengelolaan destinasi wisata.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul dan Badan Pengelola MAIC Rohul dalam melaksanakan Program keagamaan yang dilengkapi dengan wisata religi Menara 99, Mesjid Agung Percontohan Paripurna di Indonesia ini mendapat pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Riau Sebagai Destinasi Wisata Halal Nomor 1 Favorit dalam ajang Pesona Destinasi Riau 2019.

Atas penghargaan itu, Pemkab Rohul dapat Piagam Penghargaan, Cinderamata dan Uang Pembinaan senilai Rp 15.000.000.

Acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Riau dengan acuan penilain berbasis 3A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas) dan 3S ( Size, Sustainable, Spread). 

Terkait hal ini, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengatakan terpilihnya MAIC Rohul Sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit dalam ajang Pesona Destinasi Riau 2019 ini patut disyukuri dan tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Rohul.

“Alhamdulillah kita bersyukur atas penghargaan MAIC Rohul sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit, tentunya atas pengakuan prestasi dari Pemprov ini, karena kita dinilai konsistensi dalam program keagamaan dan memberikan akses kenyamanan, baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, mulai dari fasilitas yang disediakan, seperti Menara 99 hingga pendukung lain, seperti kuliner, transportasi becak, souvenir dan sebagainya,” kata Sukiman

Mantan Dandim Inhil ini mengaku, penghargaan diraih tersebut berkat kerja keras bersama, baik Pemkab Rohul, Disparbud Rohul, Badan Pengelola MAIC Rohul dan masyarakat. Atas Prestasi yang diraih, Bupati Sukiman berharap OPD dan seluruh stakeholder terus bersinergi untuk meningkatkan wisata religi yang makin edukatif dan informatif.

“Terutama dengan mengedepankan kreativitas dan inovatif menyesuaikan dengan perkembangan zaman untuk menarik minat wisatawan, ke depan harus lebih maju yang didukung seluruh elemen masyarakat,” katanya

Ia berharap kedepannya dengan di tetapkannya MAIC Rohul sebagai Destinasi Wisata Halal nomor 1 Favorit  di Provinsi Riau, disamping memberikan peluang sebagai tujuan pertama dan utama wisatawan ke Rohul.

“Selain itu juga dapat mengembangkan destinasi serta kuliner lain di Rokan Hulu untuk berkembang, dalam rangka membuka peluang usaha baru untuk membuka lapangan pekerjaan dan peningkatan ekonomi masyarakat serta kontribusi Pariwisata untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rokan Hulu,” harapnya

Dari indikikator penilaian, Sebagai masyarakat Rohul kita patut berbangga, pasalnya Jumlah Kunjungan Wisatawan di MAIC Rohul dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2019 ini kunjungan wisatawan mencapai 1.474.073, kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus) 1.474.046, sementara untuk Kunjungan Wisatawan Mancanegara sebanyak 27 Orang.

Selain itu, Pengunjung MAIC Rohul terus bertambah dari Provinsi dan Kabupaten, seperti Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan, Pekanbaru, Provinsi Sumbar, Provinsi Sumut dan Kalimantan. Kemudian, untuk wisatawan mancanegara seperti dari Negara Malaysia, Thailand, Singapura, India, Canada, Australia dan Palestina.

Disektor Sosial Ekonomi masyarakat disekitar Destinasi Wisata Religi MAIC Rohul dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah seperti Menara 99 MAIC Rohul, pada tahun 2019 mencapai Rp 347.860.000. (Advertorial Pemkab Rokan Hulu)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index