Bos Sawit Riau Orang Kaya Termuda di Indonesia

Bos Sawit Riau Orang Kaya Termuda di Indonesia
Ciliandra Fangiono

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Indonesia  tahun ini. 

Di antara 50 orang yang masuk ke dalam daftar, ada satu nama yang dinobatkan sebagai yang terkaya sekaligus yang termuda. Siapa dia?

Namanya  Cilliandra Fangiono. Dia adalah putra dari  taipan kaya asal Riau, Martias yang tak lain adalah pemilik PT Surya Dumai. 

Posisinya sebagai orang terkaya ke-23 di Indonesia membuat dia menjadi salah seorang taipan kaya Indonesia.

Nama Ciliandra memang jarang terdengar di Riau. Karena dia lebih banyak menghabiskan masa mudanya dengan kuliah di luar negeri. 

Ciliandra  menamatkan pendidikan sebagai sarjana ekonomi dari Cambridge University. Kemudian, dirinya juga pernah bekerja sebagai staf pada divisi investasi bank di Meryl Lynch di Singapura.

Saat ini, Ciliandra sudah  berusia 43 tahun. Dia memegang kendali atas grup usaha First Resources Ltd yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. 

Ciliandra merupakan CEO dari First Resources Ltd, perusahaan sawit yang terdaftar di Singapura. Meski demikian, perkebunan sawit perusahaan tersebut terbesar di seluruh Indonesia dan utamanya tentu saja di kampung orang tuanya, Riau.

Namun kini, bisnis First Resources juga sudah merambah ke beberapa daerah lain di Indonesia, seperti di Kalimantan. Namun Kantornya masih  di gedung Surya Dumai Pekanbaru.

Sesuai namanya, Ciliandra juga mempunyai perusahaan bernama Ciliandra Perkasa yang juga beraktivitas di wilayah Riau. 

Tahun 2019 ini, Cilliandra tercatat memiliki harta sebesar US$1,37 miliar atau setara dengan Rp19,30 triliun. Harta tersebut didapat dari usahanya yang memilliki luas lahan sawit sebesar 200 ribu hektare.(R04)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index