Siap-siap! Usai 'Bersih-bersih' di Garuda, Erick Thohir Mau Bongkar Bisnis Hotel, Logistik dan Rumah Sakit BUMN

Siap-siap! Usai 'Bersih-bersih' di Garuda, Erick Thohir Mau Bongkar Bisnis Hotel, Logistik dan Rumah Sakit BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/Kementerian BUMN)

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Tak berhenti sampai di Garuda Indonesia saja, gebrakan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir diyakini bakal terus berlanjut. 

Usai memecat lima direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk lantaran skandal penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton, Erick berencana 'membongkar' bisnis hotel milik BUMN.

Hal itu diungkapkan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, sejatinya BUMN yang memiliki bisnis inti di bidang perhotelan hanya PT Hotel Indonesia Natour yang mengoperasikan beberapa hotel di bawah merek Inna Group Hotel.

"Tapi tahu gak 85 hotel dimiliki BUMN? Pertamina dan lain-lain. Lalu PT PANN Multifinance (Persero) punya hotel di Bandung besar. Apakah menguntungkan? 'Iya pak itu bantu kami bayar gaji-gaji'," ujar Arya di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

"Ini tantangan kita. Kami baru temukan juga," lanjut eks juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tersebut.

Selain bisnis hotel, banyak BUMN yang punya bisnis logistik. Padahal hanya satu BUMN yang punya bisnis inti di logistik, yaitu PT Pos Indonesia (Persero).

"Perkebunan ada, Pelindo, Garuda. Semua ada logistik. Ada 30-an punya logistik," kata Arya.

Tidak hanya hotel dan logistik, sejumlah BUMN juga punya bisnis rumah sakit. Sementara hanya ada satu BUMN yang punya bisnis inti di rumah sakit, yaitu Indonesia Healthcare Corporation yang diresmikan di era Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Ini punya itu. Saya lagi hitung berapa RS kita punya," ujar Arya. (R02)

Sumber: CNBC Indonesia

Listrik Indonesia

#Erick Thohir

Index

Berita Lainnya

Index