Di Depan Jokowi dan Ma'ruf Amin, Megawati Minta Prabowo dan Para Jendralnya Pancasilais

Di Depan Jokowi dan Ma'ruf Amin, Megawati Minta Prabowo dan Para Jendralnya Pancasilais
Megawati Soekarno Putri saat memberi pidato di depan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta para petinggi TNI serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memperhatikan kebutuhan para prajurit. 

Ia menilai hal ini bagian dari implementasi nilai-nilai Pancasila.

"Nah bapak-bapak jenderal tolong deh ber-Pancasilais. Kebutuhan para prajurit tolong diutamakan," katanya saat memimpin rapat koordinasi dan strategi pembumian Pancasila di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019.

Megawati dilansir dari tempo.co bercerita pengalamannya saat menjadi Presiden ke-5 Republik Indonesia. Saat operasi militer untuk menumpas Gerakan Aceh Merdeka, ia heran banyak prajurit TNI yang tewas. "Kok, anak saya mati mulu, kenapa ya?" kata Mega.

Belakangan, kata Mega, ia baru tahu jika peralatan tempur yang diberikan kepada prajurit di Aceh tidak sesuai dengan kebutuhan. "Baru saya tahu satu batalion peralatannya cuma setengah batalion," ucap dia.

Selain itu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini berkisah menjajal helm milik prajurit TNI. 

Dia menilai wajar banyak prajurit tewas lantaran helm mereka yang dianggap kurang tebal. 

"Helmnya tipis. Saya pakai, kayak gini kena peluru, ya, tembus. Saya tahu, karena saya perhatiin, tipis," katanya.

Megawati berharap tidak ada lagi kejadian seperti itu saat ini. Ia pun meminta Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono yang hadir dalam rapat untuk menyampaikan kisah ini kepada Prabowo. "Nah, itu. Kasih tau itu nanti ke Mas Bowo," ujarnya.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index