Warga Tangkap Buaya Besar di Aliran Sungai Batanghari, Kabarnya Ada yang Lebih Besar Lagi

Warga Tangkap Buaya Besar di Aliran Sungai Batanghari, Kabarnya Ada yang Lebih Besar Lagi

RIAUSKY.COM - Sering bikin resah, seekor buaya besar di aliran Sungai Batanghari di Desa Lambur ll, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, ditangkap masyarakat dan tim dinas pemerintah setempat.

Pasalnya sudah sekira satu pekan ini hewan buas tersebut sering muncul di pinggiran sungai hingga masyarakat melaporkannya ke petugas terkait agar bisa ditangkap.

Yanto, warga Desa Lambur II, mengatakan awal penangkapan buaya itu dilakukan pada Sabtu sore kemarin hingga Minggu dini hari tadi.

Ia menceritakan, baru sekira pukul 02.30 WIB, buaya besar tersebut bisa ditangkap.

"Masyarakat menangkapnya di tengah sungai dengan cara ditombak. Selanjutnya buaya tersebut dibawa ke tepi sungai," tuturnya, Minggu (22/12/2019).

Dia menambahkan, sebelum buaya ditangkap, awalnya dipancing dengan menggunakan umpan hewan entok. Akan tetapi, cara tersebut gagal, umpannya tidak dimakan hingga Minggu tengah malam.

Usai berunding sebentar, akhirnya masyarakat dan tim memutuskan penangkapan difokuskan ke tengah sungai.

Dengan menggunakan kapal pompong, mereka terus mengintai keberadaan buaya, sambil membawa tombak. Setelah beberapa jam melakukan pengintaian, tim dan masyarakat langsung menemukan keberadaan buaya itu.

"Saat terlihat di permukaan air itulah tim gabungan menangkap buaya dengan cara ditombak," ungkap Yanto.

Dilihat dari besarnya ukuran buaya, kata dia, panjangnya diperkirakan mencapai lebih 3 meter.

"Sekitar satu pekan ini buaya muncul ke permukaan sungai, makan ternak, sehingga masyarakat ketakutan ke sungai. Beruntungnya sampai saat ini tidak ada korban jiwa, dan diprediksi masih ada lagi buaya sangat besar lainnya," imbuh dia.

Agar jauh dari warga, lanjut Yanto, buaya tersebut langsung dibawa ke tempat aman yang lokasinya berada di Desa Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat, Tanjungjabung Timur, Jambi.

"Buaya yang ditangkap sudah diamankan oleh tim dinas dari pemerintah. Rencananya dilepaskan ke sungai yang jauh dari permukiman masyarakat," jelasnya. (R03)

Sumber: Okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index