Jokowi Heran, Atikah Minjam Rp20 juta untuk Jual Es Degan Itupun Sering Ditangkap Satpol PP, ''Jangan Begitulah...!''

Senin,27 Januari 2020 | 23:25:33 WIB
Jokowi Heran, Atikah Minjam Rp20 juta untuk Jual Es Degan  Itupun Sering Ditangkap Satpol PP, ''Jangan Begitulah...!''
Ket Foto : Presiden Joko Widodo saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Gresik.

GRESIK (RIAUSKY.COM)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan warga di sela-sela membagikan sertifikat tanah di Gresik, Jawa Timur. 

Jokowi sempat heran karena warga tersebut hendak meminjam Rp 20 juta ke bank untuk usaha es degan.

Jokowi awalnya bertanya ke Atikah, warga asal Surabaya, mengenai luas tanah yang dimilikinya. Namun perempuan tersebut justru tak tahu sehingga akhirnya Jokowi yang memberikan penjelasan.

"Kalau ditanya tanahnya berapa meter, harus langsung hapal loh jawabnya, jangan 3 kali... berapa meter persegi. Tahu? Nih saya tunjukkan. Supaya semuanya tahu. Itu yang buka-buka juga belum tahu itu," ujar Jokowi di Gresik, Jawa Timur, Senin (27/1/2020).

"Coba dibuka, nama bu Atikah, betul. Di kelurahan Tambak Wedi, betul. Luasnya 23 meter persegi ya. Di bawah (ini) 23 meter persegi," sambung Jokowi.

Jokowi kemudian bertanya jumlah uang yang akan dipinjam Atikah ke Bank. Atikah mengaku akan meminjam uang Rp 20 juta untuk modal es degan. Jokowi pun heran.

"Buat modal usaha es degan?" kata Jokowi mengulangi pernyataan Atikah.

"Sebentar, es degan kok sampe Rp 20 juta? sambung Jokowi disambut riuh peserta.

Jokowi mengingatkan Atikah mengenai penggunaan uang Rp 20 juta itu. Jokowi juga bertanya untuk apa saja uang itu akan digunakan.

"Satu, buat stan. Stannya kan Rp 10 juta," jawab Atikah.

"Beli kelapanya," imbuh Atikah.

Di tengah percakapan itu, Atikah juga curhat ke Jokowi soal sikap Satpol PP yang suka memarahinya ketika berjualan. Jokowi pun mengingatkan Satpol PP agar tak bersikap demikian.

"Jangan gampang marahin," ujar Jokowi.

Atikah juga mengaku barang dagangannya kerap diambil Satpol PP. Lagi-lagi Jokowi pun memberikan peringatan.

"Saya pesan ini sama Satpol PP jangan suka ngambili. Barang-barangnya masyarakat. Diperingatkan nggak apa-apa tapi jangan ngambili," ujar Jokowi.

Setelah itu, Jokowi kembali mengingatkan Atikah untuk hati-hati meminjam uang dari bank. Perencanaan usaha harus dibuat jelas.

"Hati-hati kalau mau pinjam ke bank dihitung dulu, Rp 20 juta itu untuk apa, oh kios Rp 10 juta. Buat modal usaha es degannya Rp 5 juta, beli es nya, harus dirinci betul," kata Jokowi.(R04)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS