Selalu Punya Cerita Lucu, Gus Dur: Santri yang Tak Bisa Bahasa Arab Tersesat di Makah

Selalu Punya Cerita Lucu, Gus Dur: Santri yang Tak Bisa Bahasa Arab Tersesat di Makah
KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur

RIAUSKY.COM - Namanya KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, siapa yang tak kenal dengan ulama yang semasa hidupnya selalu ditunggu kehadirannya karena dia menyimpan segudang cerita lucu.

Lelucon yang disampaikan ulama karismatik ini memang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. 

Dikutip dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur karya Hermawan Sulistyo, berikut ini salah satu humor ala Gus Dur.

Dikutip dari okezone.com, ceritanya, santri-santri dari Indonesia terkenal hebat dalam penguasaan Alquran dan hadist. Namun sayang, banyak di antara mereka yang tidak pandai berbahasa Arab.

Pada suatu hari, ada seorang santri yang sedang pergi haji lalu tersesat di Makah. Ia tidak bisa kembali pulang ke hotelnya. Saat itu santri tersebut terdaftar sebagai tamu hotel berbintang di Kota Makah.

Setelah berputar-putar mencari lokasi hotelnya, santri itu bertemu dengan seorang aparat keamanan. Kemudian ia pun bertanya: "Hai askar, ihdinas shiratal Hilton..." sambil tertawa.

Ternyata petugas itu paham apa yang diucapkan santri itu, seketika petugas itu pun menunjuk ke arah hotel yang dimaksud, dan santri tersebut akhirnya bisa pulang ke tempat istirahatnya.

Tapi tahukah Anda, bahwa santri tersebut sebenarnya tidak memakai bahasa Arab yang biasa digunakan sehari-hari ketika bertanya kepada petugas itu?

Sebenarnya itu adalah potongan kalimat asli yang berasal dari ayat dalam Surah Al-Fatihah yang berbunyi, "Ihdinas shiratal mustaqim" artinya: "Tunjukkan jalan ke jembatan mustaqim," atau petunjuk ke arah jalan kebenaran.

Sebab santri itu tidak pandai berbahasa Arab, jadi ia memanfaatkan keahliannya dalam penguasaan atau hafalan Alqurannya. Salah satunya potongan ayat dari surah Al Fatihah tadi, ia mengganti kata mustaqim (nama jembatan di akhirat) dengan kata atau nama hotel tempatnya menginap. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index