Merasa Mampu dan Malu Rumah Ditempeli Stiker Keluarga Miskin, Puluhan PKH Pilih Mundur

Rabu,19 Februari 2020 | 00:40:43 WIB
Merasa Mampu dan Malu Rumah Ditempeli Stiker Keluarga Miskin, Puluhan PKH Pilih Mundur
Ket Foto : Papan ditempeli di depan rumah keluarga miskin penerima bantuan PKH.

DUMAI (RIAUSKY.COM)- Sejumlah penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di kota Dumai ternyata banyak yang mengundurkan diri sebagai penerima PKH sebab sudah merasa malu mendapat bantuan tersebut.

Ditambah beberapa faktor lain yang mempengaruhi seperti menolak rumah mereka dipasang stiker sebagai warga miskin oleh petugas, lalu merasa sudah mampu dan pendamping menilai status perekonomian mereka sudah meningkat.

Informasi disampaikan Kepala Dinas Sosial Dumai Hasan Basri, jumlah PKH tahun 2020 mengalami penurunan atau graduasi dari 5.339 penerima RTM sekarang menjadi 5.310 penerima RTM.

“Berkurangnya jumlah penerima PKH karena diantaranya sudah mampu secara ekonomi, sudah tidak memenuhi syarat sebagai penerima dan mengundurkan diri,'' ungkapnya dilansir dari dumaiposnews.com.

Para penerima bantuan dana PKH menerima berbagai komponen bansos seperti ibu hamil, pendidikan anak,  penyandang disabilitas hingga lanjut usia (lansia).

Jumlah tersebut berkurang berdasarkan validasi data yang dilakukan oleh tim pendamping PKH di lapangan, berbagai penilaian dilakukan oleh tim apakah mereka masih berhak menerima atau tidak.

Alhasil dari pendataan tersebut ada penerima yang mengundurkan diri karena dengan alasan malu tidak mau rumah dipasang stiker dan ada juga karena merasa ekonomi sudah mampu.

Kata Hasan kedepan untuk jumlah PKH belum dapat dipastikan akan bertambah sebab pemerintah kedepan fokus untuk bantuan sosial berupa pemberdayaan masyarakat misalnya dengan bantuan modal usaha.

” Informasinya bantuan PKH dan bansos sembako secara bertahap akan dikurangi dan kedepan bantuan modal usaha dari bank pemerintah”

Hasan berharap jumlah warga miskin terus berkurang dan dengan adanya program pemerintah dalam memberi bantuan modal usaha diharapkan masyarakat bisa mengambil sebuah peluang usaha.(R12)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS