Bupati Sukiman Hadiri Pengukuhan BPAN Suku Bonai

Bupati Sukiman Hadiri Pengukuhan BPAN Suku Bonai
Bupati Sukiman didampingi Ketua LAM Riau Datuk Seri Drs.H.Al Azhar, memakaikan baju adat Bonai kepada pengurus BPAN Suku Bonai, sekaligus meresmikanPerpustakaan Adat “Datuk Matoalang” Lembaga Kerapatan Adat(LKA) Ninik Mamak Tiga Suku Suku Bonai, di Bonai

BONAI DARUSSALAM (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman bergelar Datuk Setia Amanah Panglimo didampingi ketua TP-PKK Rohul Hj.Peni Herawati,menghadiri Pengukuhan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN ) Suku Bonai, kemarin.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua LAM Riau Datuk Seri Drs.H.Al Azhar Gelar Datuk Raja Tuo, Datuk Tarlaili Gelar Datuk Mudo selaku Sekretaris LKA Riau, Datuk Isharuddin Selaku Bendahara Umum LKA Riau, Ketua LKA Ninik Mamak Tiga Suku Suku Bonai Samsibar Gelar Datuk Majopati, Datuk Datuk Adat Kec. Bonai Darussalam, Pejabat Eselon II Rokanhulu, Camat Bonai Darussalam, Kapolsek Bonai Darussalam, Danramil Bonai Darussalam, serta Kades se Bonai Darussalam.

BPAN dikukuhkan Datuk Seri Drs.H.Al Azhar Gelar Datuk Raja Tuo yang juga Ketua Dewan Penasehat di BPAN , Kafrizal, S. Sos selaku Ketua BPAN, Jauhari, S. IP Wakil Wilayah Bonai, Rajis Salam Wakil Wilayah Kasang Padang, Edi Sutia selaku Sekretaris, Lili Safitri selaku Bendahara, serta Sri Hayati KA. Bidang Kesenian Dan Budaya, berserta anggota, Zulkia KA. Bidang Pendidikan, beserta anggota, Yudi Prayogi KA. Keagamaan, beserta anggota.

Kades Bonai Rais Am mengakui, setelah dikukuhkannya BPAN maka diharapkan bisa berjalan dengan baik serta dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dan generasi muda.

Ketua LAM Riau mengatakan, bahwa dirinya sudah tiga kali hadir di Desa Bonai dan dengan itu dirinya melihat bahwa perkembangan Desa Bonai ini sangat Pesat.

“Mungkin pembangunan fisik tak seberapa akan tetapi pembangunan semangat masyarakat Bonai untuk berubah memperbaiki keadaan diri dan masyarakat sangat besar,” jelasnya
.


Ditambahkan Ketua LAM Riau, terkait pengukuhan BPAN berharap nantinya bisa menjadi tulang punggung sebagai upaya untuk memajukan Desa Bonai lebih baik lagi, Ketua LAM Riau berharap sepenuhnya rumah masyarakat bisa teraliri listrik dan pembangunan jembatan penyebrangan yang mana selama ini masih menggunakan Ponton milik Chevron, oleh karena itumasyarakat sangat membutuhkan akses tersebut untuk menunjang ekonomi  masyarakat setempat,baik dari hasil perkebunan maupun usaha masyarakat di disana.

Bupati H. Sukiman dalam arahannya berharap  kepada BPAN yang baru di kukuhkan, agar dapat melestarikan budaya dan adat yang kita miliki ini, kemudian kepada Datuk AL Azhar  Bupati juga berterimakasih  yang mana telah memperhatikan dan membangunkan semangat dari pada pemuda, khususnya di Rohul.

Kemudian terkait apa yang disampaikan Datuk Al Azhar,dirinya akan mengupayakan dan di tindak lanjuti, namun karena ini sudah masuk pertengahan tahun maka kemungkinan pembangunan akan ada di tahun 2021 mendatang.

Dipenghujung acara, Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso juga meresmikan Perpustakaan Adat “Datuk Matoalang” Lembaga Kerapatan Adat(LKA) Ninik Mamak Tiga Suku Suku Bonai dan melanjutkan perjalanan tinjau lokasi Ponton yang nantinya akan dibangun jembatan penyeberangan. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index