BI Gelar Rangkaian Pekan QRIS Nasional 2020 di Kampus UMRI Pekanbaru

BI Gelar Rangkaian Pekan QRIS Nasional 2020 di Kampus UMRI Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bank Indonesia kembali melanjutkan rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Nah, di hari kedua berlangsung di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang berlangsung dengan meriah dan diikuti oleh para mahasiswa. Tampak ratusan mahasiswa/i UMRI dengan seksama mengikuti pemaparan tentang QRIS.

"Saya tiga hari yang lalu bertanya apa itu QRIS, rupanya untuk milenial. Acara ini akan berlangsung beberapa waktu. Harapannya mahasiswa bisa mengikuti dan menangkap peluangnya," kata  Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI Zul Hasmi, Selasa (10/3).

Katanya, saat ini transaksi tidak lepas dengan QRIS. Jadi diharapkan mahasiswa menangkap peluangnya untuk menjadi bisnis, bisa juga penelitian.

"QRIS ini luar biasa teknologinya, transaksi pakai barkot,  yang menarik bagi mahasiswa ini bisa jadi judul skripsi," katanya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus mengatakan, untuk meningkatkan  jumlah penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS)  baik dari sisi customer maupun merchant, Bank Indonesia  menggelar sosialisasi  dan simulasi  cara penggunaan QRIS ke para pedagang, UMKM dan, mahasiswa dan masyarakat.

Banyak yang bisa didapatkan oleh customer dan merchant dengan menggunakan QRIS, karena QRIS itu UNGGUL. 

Pertama, QRIS itu UNiversal atau inklusif sehingga dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemudian menggunakan QRIS itu GampanG, karena transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman. 

"Selanjutnya, menggunakan QRIS itu Untung, karena satu QR code dapat digunakan oleh semua aplikasi. Yang terakhir, penggunaan QRIS secara Langsung membuat transaksi menjadi cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran".

Untuk customer, QRIS merupakan salah satu alternatif kanal pembayaran kekinian yang dapat mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. 

Selain itu, cukup install atau punya minimal satu aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking milik salah satu PJSP, customer bisa melakukan transaksi pembayaran melalui scan QRIS yang dikeluarkan oleh PJSP terdaftar mana saja.

Dia mengatakan Di Riau, PQN diawali dengan pra iven, mulai tanggal 2-8 Maret 2020 berupa sosialisasi QRIS melalui Talkshow di tv dan radio lokal.

BI Riau juga melaksanakan lomba QRIS Week TikTok-an dengan tema terkait QRIS berhadiah uang jutaan rupiah, mulai tanggal 3-13 Maret 2020. 

Caranya mudah, ikuti akun Instagram  BI_RIAU, upload video Tiktok di Instagram tag @BI_RIAU. Gunakan hastag #SilePakaiQRIS dan #AyoPakeQRIS. Dalam video Tiktok minimal in frame satu orang. 

"Satu akun bisa mengirim lebih dari satu video. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai Rp2 juta. Juara 2 uang tunai 1,5 juta dan juara uang tunai Rp1 juta. Sile pakai QRIS. Sile ikuti lomba QRIS Week TikTok-an," katanya.

Selanjutnya, 9-13 Maret 2020 akan dilakukan Sosialisasi dan Edukasi QRIS di Al Ihsan Boarding School Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Pasar Wisata Pasar Bawah, Mall SKA dan Pengurus Masjid se-Pekanbaru.

Adapun acara puncak akan dilaksanakan iven Fun Walk QRIS pada tanggal 15 Maret 2020 yang akan di pusatkan di area car free day, samping Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. 

Iven utama yang dimulai pukul 06.00 s.d 09.00 WIB ini melibatkan seluruh staksholders, pemerintah daerah, anggota dewan, perbankan, masyarakat, pelaku UMKM. Fun Walk akan dihibur live performance yang menghadirkan penyanyi Indahkus dan MC sekaligus instruktur senam ternama, Maria Vania. 

BI menyiapkan t-shirt yang akan dibagikan gratis untuk 1.500 peserta. Peserta juga berkesempatan meminum secangkir kopi dengan harga hanya Rp1. (R02)

Listrik Indonesia

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index