Puncak Pekan QRIS BI Riau Berlangsung Meriah, 'Sile Pakai QRIS, QRIS UNGGUL'

Minggu,15 Maret 2020 | 09:45:04 WIB
Puncak Pekan QRIS BI Riau Berlangsung Meriah, 'Sile Pakai QRIS, QRIS UNGGUL'
Ket Foto : Puncak Pekan QRIS BI Riau, Ahad, 15 Maret 2020 di Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pekan QRIS yang Digelar Bank Indonesia (BI) Riau mencapai puncaknya hari ini, Ahad (15/3/2020) dengan digelarnya kegiatan puncak di halaman kantor BI Riau.

Meski kegiatan fun walk dibatalkan karena kegiatan car free day dihentikan sementara, namun tak mengurangi meriahnya kegiatan puncak Pekan QRIS ini. Ratusan peserta tampak hadir, BI pun sudah menyiapkan sejumlah hadiah untuk kegiatan puncak ini dan sejumlah hiburan menarik.

Sebelum acara puncak ini, BI Riau telah melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi di Pasar Wisata Pekanbaru, Kampus UMRI, Pengurus Masjid dan Majelis Taklim, Al Ihsan Boarding School dan Mal SKA Pekanbaru serta talk show di radio dan TV.

Dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus kembali mengajak peserta yang hadir untuk menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) karena banyak untungnya.

"QRIS adalah standar kode respons cepat (QR code) untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking yang ditetapkan oleh Bank Indonesia bersama industri pembayaran, baik bank atau nonbank, yang digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran retail di Indonesia." jelasnya.

Decymus mengatakan banyak yang bisa didapatkan oleh customer dan merchant dengan menggunakan QRIS karena QRIS itu UNGGUL. 

Pertama, QRIS itu UNiversal atau inklusif sehingga dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemudian menggunakan QRIS itu GampanG, karena transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman.

"Menggunakan QRIS itu Untung, karena satu QR code dapat digunakan oleh semua aplikasi. Yang terakhir, penggunaan QRIS secara Langsung membuat transaksi menjadi cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran," terangnya.

Sementara menurut Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri, meski kegiatan Pekan QRIS sudah mencapai puncaknya, namun bukan berarti ini selesai.

"Tujuan utama kita tentu saja bukan kegiatan entertainment seperti ini, tapi targetnya bagaimana masyarakat terbiasa menggunakan QRIS ini," katanya.

Memang tidak akan mudah, perlu waktu untuk membiasakan masyarakat pakai QRIS.

"Makanya nanti BI akan memantau secara rutin penggunaan QRIS di lapangan oleh para merchants dan lainnya.

Asral pun kembali mengajak masyarakat Riau untuk menggunakan QRIS dalam setiap transaksinya, apalagi sekarang tidak hanya soal pembayaran, QRIS pun bisa digunakan untuk berinfak/sedekah. (R05)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
#Bank Indonesia Index »
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS