Dampak Corona, Menparekraf Wishnutama Sebut Sudah 1.500 Hotel Tutup

Dampak Corona, Menparekraf Wishnutama Sebut Sudah 1.500 Hotel Tutup
Wishnutama dan Angela Tanoesoedibjo

RIAUSKY.COM - Pandemi virus corona benar-benar memukul sektor industri pariwisata. Jumlah hotel yang tutup sementara karena virus corona (COVID-19) semakin hari terus bertambah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan per hari ini sudah 1.500 hotel di seluruh Indonesia terpaksa tutup karena tak lagi ada tamu.

"Banyak hotel tutup sementara gara-gara pandemi (virus corona) ini sudah mencapai 1.500 hotel," kata pria yang akrab disapa Tama ini saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI melalui telekonferensi, Senin (6/4/2020).

Lebih rinci, Tama menjelaskan, tingkat hunian hotel di Bali terus turun. Bahkan ada hotel yang tak ada tamu sama sekali.

"Setelah imbauan itu 33-8%, tapi akhir Maret itu sudah sampai 8-0%," sebutnya seperti dikutip dari Detik.com.

Selain hotel, Tama menjelaskan bisnis restoran dan rumah makan mengalami penurunan omzet sebesar 70%. Bahkan, semua cabang dari 36 merek makanan dan minuman (food and beverage/F&B) menutup sementara tokonya.

"Penurunan omzet terjadi 70% pada restoran atau rumah makan. Bahkan semua cabang dari 36 brand F&B sudah tutup sementara," ucapnya. (R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index