Sadis, Gajah Sumatera Dibantai Mati Belalainya Diputus, Gadingnya Masih Utuh

Sadis, Gajah Sumatera Dibantai Mati Belalainya Diputus, Gadingnya Masih Utuh
Gajah sumatera mati ditemukan di Kelayang, Indragiri Hulu.

RENGAT (RIAUSKY.COM)- Dibunuh manusia, seekor gajah sumatera ditemukan mati di Kelayang, Indragiri Hulu, Rabu (15/4/2020) siang.

Kondisi gajah tersedur ditemukan juga dalam kondisi sangat mengenaskan. Belalainya putus. Diduga gajah itu dibunuh dengan sadis oleh pelakunya. 

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono membenarkan penemuan tersebut. 

Petugas dari BBKSDA Riau sudah diturunkan untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab matinya satwa dilindungi itu. 

"Kami menerima laporan dari Bhabinkamtibmas Polsek Kelayang terkait adanya seekor gajah yang mati, pada 15 April 2020 lalu," ujar Suharyono dalam keterangan tertulisnya kepada media ini.

Dikatakan dia, dari  dokumentasi yang disampaikan oleh pelapor, kondisi bagian depan kepala gajah terdapat sayatan benda tajam.

Gading gajah masih utuh. Namun, kondisi belalai gajah sudah terpotong dan bagian belalai lainnya masih berada di sekitar bangkai gajah tersebut, termasuk gading. 

Gajah yang mati ini diduga berasal dari kantong gaja di Tesso Tenggara. Diduga gajah ini tunggal dan terpisah dari kawanannya. 

Sebelum ditemukan mati, gajah ini juga dilaporkan sempat beberapa kali masuk ke dalam areal perkebunan  warga.

BBKSDA dan aparat kepolisian juga sudah beberapa kali melakukan upaya penghalauan agar gajah tersebut tidak masuk ke areal masyarakat. 

Pihaknya juga sudah beberapa kali mengajak masyarakat untuk tidak mengambil tindakan sendiri terhadap keberadaan gajah tersebut, hingga kemudian ditemukan mati.

''Dugaannya sengaja dibunuh manusia,'' kata dia.

"Kami bersama dengan penegak hukum akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini. Untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan, barang bukti akan diamankan di BBKSDA Riau," tegas dia.(R) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index